Kapolri Nyatakan Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan 125 Orang

Kapolri Nyatakan Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan 125 Orang

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Minggu, 02 Okt 2022 19:14 WIB
kapolri konferensi pers
Kapolri Sigit ungkap jumlah korban meninggal dunia sebanyak 125 suporter/ Foto: tangkap layar
Surabaya -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Dia menyatakan bahwa data korban meninggal dunia saat ini berjumlah 125 orang,

"Terverifikasi yang meninggal jumlahnya dari awal diinformasi 129. Data terakhir berdasarkan pengecekan dan verifikasi dengan dinkes jumlahnya 125 karena ada yang tercatat ganda," kata Listyo saat melakukan konferensi pers di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu malam (2/10/2022).

Pihaknya juga akan melakukan langkah lanjutan dengan tim DVI dan penyidik. Tujuannya untuk menginvestigasi dengan tuntas kasus ini.

"Dan nanti hasilnya kami sampaikan ke masyarakat," jelas Sigit.

Menurut dia, sejumlah langkah telah dilakukan pihak kepolisian. Salah satunya melakukan pengumpulan data dari TKP.

"Yang jelas, kami akan serius dan mengusut tuntas dan ke depan terkait proses penyelenggaran dan pengamanan," lanjutnya.

Untuk diketahui, tragedi terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang. Kericuhan bermula saat para suporter menyerbu lapangan usai timnya kalah melawan Persebaya. Banyaknya suporter yang menyerbu lapangan direspons polisi dengan menghalau dan menembakkan gas air mata.

Gas air mata juga ditembakkan ke arah tribun. Tembakan gas air mata tersebut membuat para suporter panik, berlarian, dan terinjak-injak.



Simak Video "Melihat Tribun 12, Saksi Bisu Mencekam Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)