Mie Gacoan di Malang Tetap Ramai Meski Belum Tersertifikasi Halal

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Jumat, 19 Agu 2022 17:41 WIB
gerai mie gacoan malang
Mie Gacoan di Kota Malang (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Malang -

Mencuat kabar Mie Gacoan belum bisa tersertifikasi halal karena nama merk dan produk. Tampaknya hal itu tidak berdampak pada penjualan Mie Gacoan di wilayah Malang.

Dari pantauan detikJatim, gerai Mie Gacoan di wilayah Kota Malang dan Kota Batu masih terlihat ramai seperti biasanya. Seperti gerai Mie Gacoan di Jalan Jakarta, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Di sana terlihat banyak pengunjung maupun driver Ojek Online (Ojol) yang mengantre panjang di depan kasir untuk memesan. Pemandangan serupa tampak di Jalan WR. Supratman, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Hal itu dibenarkan salah satu dirver Ojol, Beni saat ditemui di gerai Mie Gacoan di Jalan Jakarta, Kota Malang. Ia mengatakan sejauh ini tidak ada penurunan jumlah pesanan Mie Gacoan yang diterima.

"Tetep aja seperti biasanya. Cuman memang dalam sehari-hari itu yaa gak ramai terus, kadang bisa sepi dan kadang bisa ramai," ujarnya kepada detikJatim, Jumat (19/8/2022).

Mie Gacoan merupakan mie pedas kekinian. Mienya diberi bumbu banyak cabai lalu diberi topping daging ayam rebus yang dicincang halus.

Brandnya sudah ada sejak 2016 lalu, tapi gerai Mie Gacoan pertama kali dibuka pada 2018 di Kota Solo. Mie Gacoan ini selalu ramai didatangi pengunjung.

Setelah sukses, Mie Gacoan mulai membuka gerai-gerai di sejumlah daerah di Indonesia. Dan di setiap tempat itu tidak pernah sepi dari pengunjung.

Kemudian muncul kabar Mie Gacoan ini belum tersertifikaai halal karena nama brand dan produk tidak memenuhi syarat. Hal itu dibahas pengguna TikTok @leli.azizah sebagaimana dikutip detikFood, Kamis (18/8/2022).

Akun TikTok @leli.azizah diketahui memang sering menjelaskan tentang kualitas, keamanan, dan kehalalan suatu produk makanan dan minuman. Dijelaskan bahwa Mie Gacoan tidak bisa disertifikasi halal karena tidak memenuhi salah satu sistem jaminan halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI.



Simak Video "Ricuh Ojol Vs Karyawan Mie Gacoan Kotabaru Yogyakarta!"
[Gambas:Video 20detik]