Anak Banyuwangi Menggoyang Istana

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 18 Agu 2022 19:41 WIB
Farel PRayoga di Istana Negara
Farel Prayoga saat menyanyikan lagu Ojo Dibandingke. Foto: dok. Channel YouTube Sekretariat Negara
Jakarta -

Farel Prayoga mengenakan pakaian hitam dan udeng, penutup kepala, khas Banyuwangi berwarna kuning di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). Setelah sedikit membungkuk dan tersenyum di hadapan Presiden Joko Widodo serta tamu undangan lainnya, penyanyi berusia 12 tahun ini mulai melantunkan lagu Ojo Dibandingke.

Tamu undangan upacara HUT ke-77 RI pun bersorak dan bertepuk tangan saat mendengarkan siswa kelas VI SDN Kepundungan 2, Banyuwangi, ini bernyanyi. Presiden Joko Widodo tersenyum. Ibu Negara Iriana Jokowi pun bergoyang mengikuti irama lagu tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan sejumlah menteri lainnya mendekati panggung dan berjoget bersama. Bahkan, lagu yang diciptakan oleh Abah Lala itu dinyanyikan dua kali oleh anak Banyuwangi ini.

Farel merupakan anak ketiga dari pasangan Suyoto (43) dan Siti Mujayanah (41). Suyoto menuturkan bakat menyanyi Farel sudah terlihat sejak masih balita.

Kala itu, Farel sering menyanyi sendiri. "Sering menyanyi sendiri dulu, di depan TV," tutur Suyoto Kamis (18/8/2022). "Pokoknya kalau ada musik, dia (Farel), langsung spontan menirukan."

Sebelum dikenal masyarakat hingga manggung di Istana, Farel pernah menjadi pengamen. Dia dan ayahnya biasa berkeliling di Kecataman Genteng, Banyuwangi. Bocah kelahiran 8 Agustus 2010 ini bernyanyi, sedangkan ayahnya memanggul sound system.

Menurut mentor menyanyi Farel, Wandra Restusiyan, Suyoto memasukkan Farel ke One Nada Music School pada 2018. Wandra kemudian mengasah bakat tarik suara Farel.

Farel diajak manggung dan tampil di saluran YouTube One Nada pada 2021. Bocah itu kerap tampil bersama penyanyi dangdut lainnya.

Farel mulai naik daun saat menyanyikan ulang (cover) lagu-lagu dangdut koplo dengan cengkok Banyuwangi. Tembang yang pernah di-cover Farel salah satunya Ojo Dibandingke yang dinyayikan bersama biduan Filla Talia. Lagu tersebut diunggah di saluran YouTube One Nada Record Official. Hingga Kamis (18/8/2022) sore video tersebut telah ditonton sebanyak 21,4 juta.

Wandra bangga Farel bisa tampil di depan Presiden Jokowi. Terlebih, para pejabat negara lainnya sangat menikmati penampilan anak didiknya tersebut.

Kebanggaan tidak hanya dirasakan oleh keluarga Farel maupun Wandra. Sang pencipta lagu Ojo Dibandingke, Agus Purwanto, bangga dan bersyukur lagu yang ia ciptakan dan rilis pada 26 April 2022 itu dinyanyikan di Istana Merdeka.

Abah Lala -sapaan populer Agus- mendapatkan inspirasi untuk menulis lagu tersebut dari kisah cinta temannya. Saat kawannya akan menikah, ternyata calon pasangan hidup temannya itu hendak dijodohkan dengan orang lain.

"Dibanding-bangdingke. Kisah nyata, orangnya ini juga ada," kata Abah Lala Rabu (17/8/2022).

Penggalan lain lirik lagu Ojo Dibandingke juga ada yang merupakan pengalaman pribadi Abah Lala. Bagian itu ialah,

Tak oyak'o, aku yo ora mampu (Ku kejar pun, aku ya tidak mampu).
Mung sak kuatku mencintaimu (Hanya sekuat aku mencintaimu).

Lirik itu diperoleh dari pengalaman Abah Lala saat pergi ke Boyolali, Jawa Tengah, dengan naik motor dan didahului oleh mobil. Bahkan, pengendara mobil sempat memainkan gas seperti meledeknya.

"Tak oyak'o yo ora mampu," tutur warga Desa Cluntang, Musuk, Boyolali, ini. "Sepeda motor mosok ngoyak (mengejar) mobil."

Presiden Jokowi pun sempat berbincang dengan Farel saat gladi bersih upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka pada Selasa (16/8/2022). Dengan mantap, Farel mengatakan ingin menjadi penyanyi sukses.

Detikers, tim detikJatim dan detikJateng menghimpun sejumlah informasi terkait Farel Prayoga dan Abah Lala. Berikut ini sejumlah artikel terkait kedua orang yang menjadi buah bibir karena lagu Ojo Dibandingke.

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.



Simak Video "Farel Prayoga Tampil di Depan Jokowi, Kepala Sekolah Terharu"
[Gambas:Video 20detik]
(gsp/gsp)