Fakta Hakim Vonis 7 Tahun Pelaku Pencabulan Mas Bechi Diteriaki Zalim-Ricuh

Fakta Hakim Vonis 7 Tahun Pelaku Pencabulan Mas Bechi Diteriaki Zalim-Ricuh

Fatichatun Nadhiroh - detikJatim
Jumat, 18 Nov 2022 11:09 WIB
mas bechi disidang di PN Surabaya
Mas Bechi saat sidang (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi divonis 7 tahun penjara. Dia terbukti melakukan pencabulan terhadap santriwati.

Vonis ini membuat istri dan keluarganya berteriak-teriak di dalam ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Jalan Arjuno.

Berikut fakta-faktanya:

1. Hakim Sutrisno Bacakan Mas Bechi Divonis 7 Tahun

Ketua Majelis Hakim Sutrisno menjatuhkan vonis 7 tahun penjara kepada Mas Bechi. Hakim menilai Mas Bechi terbukti melakukan pencabulan terhadap santriwatinya.

"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 289 KUHP juncto 65 ayat 1 dan membayar perkara Rp 3.000. Menjatuhkan pidana selama 7 tahun penjara," kata Hakim Sutrisno saat membacakan vonis di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Jalan Arjuno, Kamis (17/11/2022).

2. Istri-Pendukungnya Berteriak di Ruang Sidang

Sejumlah pendukung dan istri Mas Bechi berteriak usai hakim membacakan vonis Mas Bechi. Bahkan pendukungnya sempat menyerang dan merebut kamera wartawan yang merekam suasana pengadilan.

Mereka meneriakan bahwa kasus yang dialami Mas Bechi adalah rekayasa dan meminta agar vonis tersebut diajukan banding.

Tak ketinggalan, Dzurotul Massunah istri Mas Bechi juga tak terima dengan vonis tersebut. Massunah terdengar menyampaikan protes dengan berteriak zalim kepada majelis hakim dan jaksa yang ada di ruang Cakra PN Surabaya.

"Zalim!!" teriak istri Mas Bechi begitu hakim tuntas membacakan vonis di Ruang Cakra PN Surabaya.

3. Pendukung Mas Bechi Pilih Bertahan di PN Meski Diguyur Hujan

Meski vonis telah dijatuhkan dan sidang telah selesai, namun sebagian pendukung Mas Bechi masih bertahan di depan gerbang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Mereka tampak menunggu Mas Bechi keluar dari pengadilan.

Mas Bechi sendiri akhirnya keluar dari persidangan memakai rompi tahanan warna merah sekitar pukul 17.00 WIB. Petugas terlihat mengawal Mas Bechi masuk ke dalam mobil kemudian mengantarnya kembali ke tahanan.

4. Pendukung Mas Bechi Sempat Gelar Doa Bersama-Lepas Merpati

Sebanyak 200 personel atau setingkat 2 satuan setingkat kompi (SSK) gabungan yang disiagakan dari Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim. Ini karena ratusan pendukung Mas Bechi hadir di PN Surabaya.

Ratusan orang pendukung Mas Bechi mengatasnamakam Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia di Jatim menggelar doa bersama di depan Gedung PN Surabaya Jalan Arjuno. Mereka memakai ikat kepala warna merah bertuliskan Persaudaraan Cinta Tanah Air (PCTA) Indonesia. Mereka juga melepaskan puluhan merpati sebagai simbol kebebasan untuk Mas Bechi.



Simak Video "Mas Bechi Terdakwa Kasus Pemerkosaan Santriwati Divonis 7 Tahun Bui!"
[Gambas:Video 20detik]