Status Tokoh Agama Jadi Pertimbangan Hakim Vonis Mas Bechi 7 Tahun Penjara

Status Tokoh Agama Jadi Pertimbangan Hakim Vonis Mas Bechi 7 Tahun Penjara

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Kamis, 17 Nov 2022 20:22 WIB
Mas Bechi usai sidanag putusan di PN Surabaya.
Mas Bechi usai vonis (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Surabaya -

Ketua Majelis Hakim PN Surabaya, Sutrisno menjatuhkan vonis 7 tahun penjara Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi. Dalam fakta persidangan yang ada terdakwa dianggap terbukti melakukan pencabulan pada saksi korban, M.

"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 289 KUHP juncto 65 ayat 1 dan membayar perkara Rp 3.000. Menjatuhkan pidana selama 7 tahun penjara," kata Hakim Sutrisno saat membacakan vonis di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Jalan Arjuno, Kamis (17/11/2022).

Vonis yang diterima Mas Bechi lebih ringan 9 tahun dari tuntutan jaksa. Sebelumnya jaksa menuntut agar hakim menjatuhkan vonis 16 tahun penjara.

Hakim membeberkan sejumlah alasan yang memberatkan vonis yang dijatuhkan ke Mas Bechi. Menurut hakim, hal yang memberatkan terdakwa tak mengakui memperkosa dan tokoh agama.

"Terdakwa tidak mengakui perbuatan dan terdakwa merupakan tokoh agama," ujar hakim.

Meski vonis yang dijatuhkan ke Mas Bechi, rupanya hal itu tak memuaskan pendukung dan kelurganya yang mengawal sidang sejak pagi. Mereka langsung memprotes dan meneriaki hakim dan jaksa.

Setelah membacakan putusan itu, spontan menuai protes dari keluarga, santri, dan pendukungnya dari Ponpes Shiddiqiyyah.

"Dzaliimm," ujar Dzurotul Massunah, istri Mas Bechi usai pembacaan amar putusan di Ruang Cakra, PN Surabaya. Kamis (17/11/2022).

Kemudian, beragam protes diungkakan para pendukung dan keluarganya.

"Ini semua settingan, ini semua rekayasa, kok bisa seperti ini," kata seorang pria pendukung Mas Bechi.

Polisi dan petugas keamanan dari PN Surabaya masuk ke ruang sidang. Lalu, Mas Bechi langsung diamankan dan dievakuasi petugas melalui pintu belakang kemudian dimasukkan dalam mobil tahanan.

Selanjutnya disusul oleh hakim dan JPU. Sayangnya, tak ada sepatah kata pun dari JPU lantaran langsung meninggalkan lokasi usai sidang.



Simak Video "Mas Bechi Terdakwa Kasus Pemerkosaan Santriwati Divonis 7 Tahun Bui!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)