Aksinya Ketahuan, Maling HP Ceburkan Diri ke Sungai Hindari Amuk Massa

Aksinya Ketahuan, Maling HP Ceburkan Diri ke Sungai Hindari Amuk Massa

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Selasa, 04 Okt 2022 14:21 WIB
maling hp ceburkan diri ke sungai
Maling HP (hoodie hitam) saat diselamatkan dari sungai (Foto: Dok. Polsek Tambaksari)
Surabaya -

Seorang maling HP menceburkan diri ke sungai di kawasan Kedung Cowek, Surabaya. Ia berusaha lari dari massa yang memergoki aksinya.

Pelaku adalah Muklis. Polisi mengamankan Muklis setelah gagal melakukan aksinya mencuri HP.

Kanit Reskrim Polsek Tambaksari Surabaya Iptu Agus Suprayogi mengatakan Muklis diamankan personelnya setelah aksinya mencuri HP seorang karyawan kedai kopi di kawasan Kedung Cowek tak berjalan mulus. Aksi itu dilakukan saat subuh tadi.

Yogi menuturkan pria pengangguran asal Galis, Bangkalan, Madura itu memanfaatkan waktu lengah para penjaga kedai kopi. Terlebih, saat ia mengetahui sang pekerja sedang tertidur.

"Benar, sudah kami amankan yang bersangkutan (Yogi), yang beraksi cuma dia," kata Yogi saat dikonfirmasi detikJatim, Selasa (4/10/2022).

Yogi menjelaskan aksinya mencuri saat subuh adalah modus Muklis. Sebab, ia mencari celah, yakni kelengahan para penjaga saat lelah dan berpura-pura menjadi pembeli.

"Huntingnya pas subuh, dia masuk kalau ada penjual dan pura-pura membeli sesuatu. Tapi kalau gak ada (yang berjaga), langsung (smartphone) diembat," ujarnya.

Meski sempat berhasil melarikan diri, namun ciri-ciri dan identitas Muklis telah diketahui korbannya. Sontak, ketika ia berada di sekitar lokasi, korbannya langsung meneriaki Muklis, lalu diikuti warga sekitar yang mengetahui.

"Korbannya ini tahu dia (Muklis) dari ciri-ciri helmnya, setelah lihat dari CCTV lalu dia teringat. Sebelumnya pernah lolos, tapi pagi tadi korban melihat pelaku, ternyata helmnya sesuai dengan ciri-ciri di CCTV," tuturnya.

"Akhirnya korban teriak, dia (Muklis) panik, lalu nekat lompat ke kali (sungai)," sambungnya.

Yogi membenarkan bila sebelumnya Muklis beraksi di lokasi yang sama. Bahkan, sasaran dan modus yang digunakan serupa. Namun, aksinya terekam jelas dalam CCTV di kedai kopi tersebut.

Lantaran panik itu lah, Muklis menceburkan diri ke sungai. Lalu, disanggong korban, warga, dan pengendara yang tengah melintas. Bahkan, hal tersebut menjadi tontonan khalayak.

Tak berselang lama, petugas dari Polsek Tambaksari dan Command Center 112 tiba di lokasi untuk mengevakuasi warga dari amukan warga yang geram. Lalu, memasang borgol dan mengamankan Muklis.

"Dia (Muklis) kami bawa ke RS dulu untuk mengobati luka di kepalanya," tutupnya.



Simak Video "Mencari Jejak Maling HP yang Kabur ke Got di Cijantung Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(pfr/iwd)