Alasan Hotman Paris Buka 911 untuk Masyarakat Ekonomi Lemah di Surabaya

Alasan Hotman Paris Buka 911 untuk Masyarakat Ekonomi Lemah di Surabaya

Tim detikJatim - detikJatim
Minggu, 25 Sep 2022 13:15 WIB
Masyarakat kian mendekati Hotman Paris saat melakukan pengaduan di Basuki Rahmat, Surabaya. Sabtu (24/9/2022).
Hotman Paris Hutapea saat menggelar Hotman 911 di Surabaya. (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Hotman Paris Hutapea menggelar acara Hotman 911 di Surabaya, Sabtu (24/9). Acara untuk mengadvokasi masyarakat ekonomi lemah itu diserbu ratusan orang, bahkan ada yang datang jauh-jauh dari Jakarta.

Sebelum menghelat acara itu di W Superclub, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Hotman sempat lebih dulu sowan ke Gubernur Jatim Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya untuk meminta izin.

"Jadi ini sudah ada 100 yang antre di W Superclub untuk konsultasi. Saya bersama partner saya, kita di Jatim harus sowan dulu dengan penguasa setempat, Ibu Gubernur yang cantik ini," kata Hotman di Grahadi, Sabtu (24/9/2022).

Hotman berterima kasih disambut baik oleh Khofifah dengan makanan daerah Jatim. Ia mengaku tak menyangka Khofifah sangat ramah. Lalu ia paparkan misinya di Surabaya.

"Sebagaimana Anda tahu bahwa belakangan Hotman ada misi juga namanya Hotman 911, yang terutama bergerak memberi bantuan hukum khusus kasus yang menyentuh rasa kemanusiaan. Kasus selektif, khusus untuk masyarakat yang ekonomi lemah, jadi pengais keadilan," jelasnya.

Hal itu menjadi dasar Hotman mengunjungi Jatim dan sowan ke Gubernur Khofifah. Bahkan, Hotman mengaku siap, jika sewaktu-waktu Pemprov Jatim membutuhkan dirinya.

"Jadi kami izin dulu dan kita menawarkan kalau suatu saat kita diperlukan setiap waktu kita ke Jatim. Karena sebelumnya saya pernah ke Jatim ke pondok pesantren, ke Lirboyo, ke Tebuireng. Saya dapat gelar Gus di Tebuireng dan Lora dari Said Aqil Siradj, itu kira-kira misi kita," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Khofifah pun berterima kasih kepada Hotman Paris yang mau memberikan advokasi dan bantuan hukum kepada masyarakat Jatim.

"Selamat datang di Bumi Majapahit, kami terima kasih mendapat penguatan dari warga Jatim yang ingin mengakses bagaimana perlindungan hukum dan kepastian hukum bisa ter-support dari Bang Hotman Paris," ujar Khofifah.

Gubernur sekaligus Ketua PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu mengakui, meski Pemprov Jatim selama ini juga memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, tapi support APBD Pemprov Jatim tidak besar.

"Support APBD pemprov tidak besar, sehingga dibanding dengan skala kebutuhan masyarakat, enggak bisa melakukan percepatan pelayanan secara maksimal. Hadirnya beliau (Hotman) dan tim bisa memberi harapan baru bagi masyarakat yang ingin mendapat perlindungan hukum, kepastian hukum dari proses yang mereka lakukan," tandasnya.

Hari itu sudah ada ratusan orang yang menghadiri acara Hotman 911. Demi bisa wadul soal kasus hukum yang membelit ke pengacara kondang Hotman Paris Hutapea ratusan orang itu sudah antre di lokasi acara sejak pukul 12.00 WIB hingga 14.35 WIB.

Rela datang dari Jakarta antre berpanas-panasan. Baca di halaman selanjutnya.