Hadfana Penendang Sesajen Semeru Jalani Sidang Dakwaan

Tim DetikJatim - detikJatim
Rabu, 06 Apr 2022 22:19 WIB
Kasi Pidum Kejari Lumajang Mirzantoo Erdinanda
Kasi Pidum Kejari Lumajang Mirzantoo Erdinanda/Foto: Istimewa
Lumajang -

Hadfana Firdaus, pria tendang dan buang sesajen di lokasi terdampak erupsi Semeru menjalani sidang dakwaan. Dalam sidang ini, ia didakwa Pasal UU ITE.

Sidang digelar di Pengadilan Negeri Kabupaten Lumajang pada Selasa (5/4/2022). Jaksa membacakan tiga alternatif Pasal 45 Ayat 2 UU ITE.

Antara lain, tentang tentang penyebaran informasi yang tujuannya menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan secara individu atau kelompok masyarakat tertentu.

Kemudian Pasal 156 KHUL dan 156 A KHUP, yakni tentang ujaran kebencian terhadap suatu golongan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lumajang, Mirzantoo Erdinanda mengatakan pihaknya telah menawarkan penasihat hukum. Tapi terdakwa memutuskan menjalani persidangan tanpa penasihat hukum (PH).

"Sudah kami tawarkan terdakwa untuk didampingi PH, namun terdakwa menolak tawaran atas pendampingan PH di persidangan" ujar Mirzantio, Rabu (6/4/2022).

Sidang perdana tersebut dipimpin hakim Budi Prayitno. Adapun dua anggota hakim lainnya yakni Yusuf Alwi dan Putu Agung Putra Baharata.

Usai mendengar dakwaan itu, terdakwa tidak mengajukan keberatan atau eksepsi. Sehingga sidang akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

Hadfana Firdaus, ditangkap oleh Ditreskrim Polda Jatim Pada Jumat (14/1/2022) di Gang Dorowati, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul. Hadfana ditangkap sekitar pukul 22.40 WIB.

Sebelumnya, video viral berdurasi 30 detik itu memperlihatkan seorang pria mengenakan tutup kepala dan rompi berdiri lalu mendekat ke sebuah sesajen yang diletakkan di atas tanah. Ada dua sesajen yang terlihat yakni buah dan jagung yang berada di wadahnya masing-masing.

Sambil menunjuk ke sesajen pria itu berkata: "Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar," ucap pria tersebut.

Sedetik kemudian, tangan pria itu bergerak membuang sesajen buah dan menendang sesajen nasi. Kebetulan letak sesajen itu berada di atas permukaan tanah yang lebih tinggi sehingga kedua sesajen itu langsung jatuh.



Simak Video "Respons Warga soal Pria Buang Sesajen di Lokasi Erupsi Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)