5 Bangunan Kuno di Jatim yang Masih Eksis, Ada Hotel hingga Rumah Sakit

Rina Fuji - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 16:21 WIB
Hotel Niagara Malang
Hotel Niagara Malang sebagai salah satu bangunan kuno yang masih eksis di Jatim/ Foto: Instagram Hotel Niagara Malang
Surabaya -

Saat peringatan Hari Kemerdekaan, biasanya kita membayangkan betapa gigihnya perjuangan pahlawan mengusir penjajah. Kita juga biasa membayangkan bagaiamana gedung-gedung lawas yang saat ini masih berdiri kokoh.

Tahukah Anda jika banyak bangunan era kolonial yang masih kokoh berdiri di Jawa Timur?

Bangunan-bangunan kuno tersebut tersebar di berbagai daerah di Jatim. Mulai dari Surabaya, Malang, Pasuruan, dan lain-lain.

Bangunan tersebut memiliki beragam fungsi. Ada yang berupa kantor, hotel, hingga rumah sakit. Gaya arsitekturnya pun kental dengan era kolonial.

Sebagian bangunan tersebut telah dijadikan cagar budaya tingkat kota hingga nasional. Artinya, kondisi bangunan tidak boleh diubah dan harus sama seperti aslinya.

Misalnya Hotel Niagara di Malang dan Daroessalam Syariah Heritage Hotel di Pasuruan. Ada juga Rumah Sakit Darmo yang merupakan rumah sakit tertua di Surabaya. Ketiganya memiliki arsitektur kuno dan masih terawat hingga saat ini.

Jika berkunjung ke sana, jangan lupa mampir untuk berfoto-foto. Sebab, bangunan kuno tersebut sangat instagramable. Berikut ulasan 5 bangunan kuno yang tersebar di Jawa Timur (Jatim).

Baca Ulasan 5 bangunan kuno di Jatim pada halaman selanjutnya