Sederet Fakta Sosok Joko Tingkir, Ulama Alim yang Kerap Dikisahkan Gus Dur

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 13:14 WIB
petilasan joko tingkir di Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran Lamongan
Petilasan Joko Tingkir (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Masyarakat, ulama hingga tokoh di Lamongan tengah memprotes lagu dangdut koplo 'Joko Tingkir Ngombe Dawet'. Protes ini dilayangkan karena mereka tak terima nama besar ulama diparodikan dalam lagu. Joko Tingkir merupakan ulama alim yang kerap dikisahkan Gus Dur.

Joko Tingkir lahir dengan nama Mas Karebet. Ia dikenang sebagai Raja Pajang pertama dan ulama. Mas Karebet lahir pada 18 Jumadilakhir tahun Dal mangsa VIII. Ada kisah yang tersirat di balik nama tersebut.

Saat ia lahir, sang ayah Kebo Kenanga menggelar pertunjukan wayang beber. Dalangnya yakni Ki Ageng Tingkir.

Dalam pertunjukan tersebut, muncul suara 'kemebret' karena tiupan angin. Suara ini menginspirasi Kebo Kenanga untuk memberi nama pada anaknya yang baru lahir, yakni Mas Karebet.

Saat Mas Karebet berusia 10 tahun, sang ayah dihukum mati karena dituduh memberontak terhadap Kerajaan Demak. Sang ibu yakni Nyai Ageng Pengging kemudian jatuh sakit dan meninggal juga.

Maka dari itu, Mas Karebet diambil sebagai anak angkat oleh Nyai Ageng Tingkir. Sehingga sejak beranjak remaja, Mas Karebet lebih dikenal dengan nama Jaka Tingkir.

detikJatim menghimpun sejumlah fakta soal sosok Joko Tingkir, simak ya!

petilasan joko tingkir di Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran LamonganPetilasan Joko Tingkir di Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran Lamongan Foto: Eko Sudjarwo

Namanya Sering Dikisahkan oleh Gus Dur

Sosok Joko Tingkir memiliki kaitan erat dengan Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Anggota DPRD Lamongan, Imam Fadli menceritakan, Gus Dur pernah berkisah soal sosok Joko Tingkir. Untuk itu, ia keberatan dengan penggunaan nama Joko Tingkir dalam lagu tersebut. Sebab, sosok Joko Tingkir adalah ulama dan raja besar yang dihormati.

Imam mengungkapkan Joko Tingkir tidak hanya dikenal masyarakat Lamongan, tapi juga dikenal oleh masyarakat sebagai sosok yang menurunkan banyak orang alim di tanah Jawa.

"Almarhum Gus Dur pernah berkisah tentang sosok Joko Tingkir yang tidak hanya Raja Pajang dan menantu Sultan Trenggono. Tapi juga sosok yang banyak menurunkan ulama di tanah Jawa," kata Imam, Rabu (10/8/2022).

"Sosok Joko Tingkir ini menjadi salah satu tokoh yang dihormati kebesaran dan kehebatannya serta menjadi teladan bersama," imbuhnya.

Makam Joko Tingkir di Lamongan kerap didatangi Gus Dur, di halaman selanjutnya!