Harga Kebutuhan Pokok di Mojokerto Melonjak 13,3% Dampak Kenaikan BBM

Harga Kebutuhan Pokok di Mojokerto Melonjak 13,3% Dampak Kenaikan BBM

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Selasa, 06 Sep 2022 08:40 WIB
harga cabai kota mojokerto
Harga kebutuhan pokok di Kota Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Kota Mojokerto -

Kenaikan harga bahan bakar minyak mulai berdampak terhadap beberapa kebutuhan pokok di Kota Mojokerto. Pantauan hari ini, kenaikan terjadi pada daging ayam sebesar 13,3 persen dan cabai merah 5,45 persen.

Pedagang bumbu dapur di Pasar Tanjung Anyar, Kota Mojokerto Ardian Firmansyah (29) mengatakan cabai merah naik sejak kemarin, Minggu (4/9). Yaitu dari Rp 55 ribu per Kg, hari ini menjadi Rp 58 ribu per Kg. Kenaikan bumbu dapur ini di angka 5,45 persen.

Lain halnya dengan bawang merah dan cabai rawit yang naik sebelum pemerintah menaikkan harga BBM pada Sabtu (3/9). Menurutnya, harga bawang merah naik sejak 1 minggu lalu dari Rp 26 ribu menjadi Rp 28 ribu per Kg.

Sedangkan cabai rawit naik sejak 4 hari lalu sebelum harga BBM naik. Yaitu naik 10 persen dari Rp 50 ribu menjadi Rp 55 ribu per Kg. Padahal, pertengahan Agustus lalu harganya sempat menyentuh Rp 30 ribu per Kg karena panen raya. Harga bawang putih masih tetap di angka Rp 22 ribu per Kg.

"Bawang merah kiriman dari Nganjuk dan Pacet, Mojokerto. Kalau cabai rawit dari Pare, Kediri. Kenaikan karena barangnya sekarang agak susah," kata Ardian kepada detikJatim di lokasi, Selasa (6/9/2022).

Ardian bersyukur lonjakan harga bumbu dapur itu tidak berpengaruh pada kapasitas penjualannya. Yaitu rata-rata 10 Kg per hari untuk bawang putih dan bawang merah, serta 8 Kg per hari untuk cabai rawit dan cabai merah.

Lonjakan juga terjadi pada harga beras kualitas medium jenis IR64. Pedagang beras di Pasar Tanjung Anyar Ahmad Fauzi (56) menjelaskan beras medium naik dari Rp 9.500 menjadi Rp 10 ribu per Kg sejak 2 pekan lalu. Begitu juga beras IR64 yang kualitasnya lebih rendah naik dari Rp 8.500 menjadi Rp 9 ribu per Kg.



Simak Video "Bawa Keranda-Spanduk, Massa Buruh Tolak BBM Naik Tiba di Patung Kuda"
[Gambas:Video 20detik]