Khofifah Komitmen Berantas Korupsi Melalui Pengamanan Aset Daerah

Khofifah Komitmen Berantas Korupsi Melalui Pengamanan Aset Daerah

Faiq Azmi - detikJatim
Kamis, 01 Des 2022 19:00 WIB
Khofifah berantas korupsi
Peringatan Hakordia 2022 di Grahadi Surabaya. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan komitmennya untuk mendukung tema Hakordia 2022 yakni Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi. Salah satunya yaitu dengan melakukan pengamanan aset daerah.

"Kami di jajaran Pemprov Jatim berkomitmen untuk bersama-sama memberantas korupsi. Salah satunya dengan melakukan pengamanan aset daerah," kata Khofifah di Surabaya, Kamis (1/12/2022).

Khofifah melaporkan, nilai Monitoring Center Prevention (MCP) Jatim per tanggal 29 November 2022 dari 39 pemerintah (1 pemprov dan 38 pemkab/kota) secara rata-rata nilainya 89% atau 22% lebih tinggi dari nilai rata-rata nasional sebesar 67%. Sedangkan untuk pencapaian MCP Pemprov Jatim adalah 93,13%.

Khofifah membeberkan secara detail untuk pengamanan aset sampai dengan tahun 2022, Pemprov Jatim telah mengamankan 2.608 bidang tanah yang telah tersertifikasi atau setara dengan Rp 1,2 triliun.

"Saat ini misi untuk menyelamatkan 100 persen sertifikat aset tanah telah mencapai 2.607 bidang lahan senilai Rp 1,2 triliun sudah bisa diselamatkan sebagai aset daerah," paparnya.

Mantan Mensos RI ini juga menyampaikan bahwa usai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) terdapat Unit Pengelola Kegiatan (UPK) bernilai Rp 1,632 triliun dan tersebar di 523 kecamatan dan 29 kabupaten di Jatim juga dapat diselamatkan.

Dengan telah diterbitkannya regulasi PP No 11 Tahun 2021 tentang BUMDesa, Pengelola PNPM-MPd di Jatim per tanggal 15 September 2022 terbentuk 358 UPK telah bertransformasi menjadi BUMDesMa. Dan proses tata cara transformasinya juga tertuang dalam Permendesa PDTT no 15 tahun 2021.

Sementara, terdapat 254 BUMDesMa dari 358 yang telah memiliki sertifikat Badan Hukum sehingga dari jumlah tersebut sekitar 15 BUMDesMa merupakan cikal bakal pendiri LKM menjadi unit usaha BUMDesMa.

"Ini sudah mendapat izin dari OJK Jatim dan operasionalnya dilakukan oleh BUMDesMa. Kita sudah selamatkan aset negara sebesar Rp 1,6 Triliun dari keseluruhan target penyelamatan aset negara secara nasional yakni Rp 12,7 Triliun," ujarnya.

Di akhir, Khofifah juga mengatakan bahwa seluruh kerja sama dan sinergi antara seluruh elemen strategis mampu memperkuat komitmen untuk menyelamatkan aset-aset negara.

"Bagaimana kita bisa menjalankan semaksimal mungkin seluruh ikhtiar dalam penyelamatan aset negara. Kemudian bersama-sama kita menjadi bagian yang ikut menguatkan pemberantasan korupsi secara signifikan di semua lini dan level di wilayah masing-masing khususnya Jawa Timur," ujarnya.

Baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Geledah Gedung DPRD Jatim, KPK Sita Uang Tunai Rp 1 M "
[Gambas:Video 20detik]