Usia Pipa PDAM Surabaya Lebih 50 Tahun, Pakar: Harus Diganti

Usia Pipa PDAM Surabaya Lebih 50 Tahun, Pakar: Harus Diganti

Esti Widiyana - detikJatim
Kamis, 24 Nov 2022 14:20 WIB
Pakar Sanitasi Air dan Akademisi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Ir Eddy Setiadi Soedjono
Pakar Sanitasi Air dan Akademisi Teknik Lingkungan ITS Ir Eddy Setiadi Soedjono (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Pakar Sanitasi Air dan Akademisi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Ir Eddy Setiadi Soedjono menyoroti kondisi pipa dan instalasi PDAM Surya Sembada Surabaya.

Sebab, pipa PDAM usianya di atas 50 tahun atau dibangun sekitar tahun 1922. Sedangkan umur teknis maksimal kelaikan penggunaan pipa 25 tahun.

Eddy menjelaskan, kondisi jaringan pipa PDAM Surya Sembada sangat berpengaruh terhadap distribusi kualitas air bersih kepada masyarakat. Dia tak yakin kualitas air sampai ke rumah warga akan layak diminum.

"Jadi sangat tidak mungkin, sebab pipanya layak bocor, karena pipa dibangun tahun 1922. Kalau di luar negeri harus dihancurkan (Diganti), karena dalam ilmu teknik sipil, lifetime 50 tahun itu rusak ataupun tidak rusak harus diganti," kata Eddy kepada wartawan di Fakultas Teknik Lingkungan ITS Surabaya, Kamis (24/11/2022).

Salah satu upaya yang harus dilakukan PDAM Surya Sembada agar distribusi air bersih dari produksi hingga ke rumah warga tetap bagus, yakni dengan memastikan jaringan pipa tidak mengalami kebocoran.

"Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa pipanya itu tidak bocor. Dan bocornya itu benar-benar bocor yang bagus, bukan bocor dari luar ke dalam, tapi bocor dari dalam ke luar," ujarnya.

Dia menyadari, jika melakukan peremajaan atau rehabilitasi jaringan pipa air milik PDAM tidak mudah. Selain biayanya tidak murah, banyak pipa BUMD milik Pemkot Surabaya ini posisinya sudah berada di tengah jalan raya.

"Nah, pipa kita itu sangat panjang, mungkin puluhan kilometer dan terbangun puluhan tahun yang lalu. Dan mengganti pipa juga tidak mudah, karena pipa-pipa yang lama itu bahkan posisinya sudah di tengah jalan," jelasnya.



Simak Video "Mainstage Kaleb J: Kebutuhan Hati - To The Moon And Back - It's Only Me"
[Gambas:Video 20detik]