7 Obat Alami untuk Atasi Sariawan yang Perih

7 Obat Alami untuk Atasi Sariawan yang Perih

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Selasa, 15 Nov 2022 18:44 WIB
Toothache, Beautiful Woman with Tooth Infection
Ilustrasi sariawan/Foto: Getty Images/iStockphoto/yourstockbank
Surabaya -

Sariawan tidak bisa dianggap remeh. Sebab rasa perihnya akan sangat mengganggu, seperti saat makan dan minum hingga berbicara.

Sariawan kerap terjadi di bibir dan lidah. Kadang, luka muncul tanpa disadari. Namun tak jarang diawali karena lidah atau bibir tergigit.

Selain kekurangan vitamin C, sariawan biasanya muncul ketika daya tahan tubuh melemah. Bisa juga karena kekurangan vitamin B12 dan asam folat, serta adanya infeksi bakteri atau jenis virus tertentu.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, ada beberapa penyebab sariawan, di antaranya:

  1. Sikat gigi terlalu keras dapat melukai gusi dan permukaan dinding rongga mulut
  2. Luka tergigit saat makan atau berbicara. Selain tak sengaja tergigit, tertusuk duri ikan atau terkena alat makan juga dapat menyebabkan sariawan.
  3. Pemakaian kawat gigi. Bagian tepi atau ujung kawat gigi dapat menggesek permukaan dalam pipi, sehingga menimbulkan luka dan sariawan.
  4. Kebersihan mulut yang buruk juga menjadi penyebab sariawan. Pentingnya menyikat gigi agar keadaan mulut tetap bersih dan terhindar dari sariawan. Mulut yang kotor mudah menjadi sarang kuman hingga menyebabkan infeksi.

Berikut 7 Obat Alami untuk Atasi Sariawan:

1. Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat meredakan sariawan. Lemon memiliki kandungan antijamur dan antiseptik. Anda bisa membuat jus lemon untuk meredakan sariawan.

2. Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengobati sariawan oral. Sebuah studi menyatakan, ada kandungan antijamur terhadap spesies albicans dan non-albicans candida. Anda bisa melarutkan bubuk kunyit dengan air, lalu oleskan pada luka sariawan.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan salah satu obat sariawan yang ampuh. Anda bisa mencampurkan satu sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air. Air tersebut kumurkan ke seluruh bagian mulut setidaknya selama 15 detik.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dapat mengatasi masalah kulit, merawat rambut, hingga mengatasi sakit perut. Namun Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sariawan.

Caranya dengan menyeduh cengkeh dalam air mendidih. Lalu kumur larutan tersebut.

5. Air garam

Air garam juga memiliki banyak khasiat. Selain untuk oralit, air garam bisa membersihkan mulut sekaligus meredakan sariawan.

6. Madu

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Sehingga mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan dari sariawan. Bahan ini aman untuk si buah hati jika ia mengalami sariawan.

7. Jus jeruk

Vitamin C pada jeruk cukup ampuh menyembuhkan sariawan. Anda bisa membuat jus jeruk sendiri atau membelinya di pedagang jus buah.

Akan lebih nyaman membuat jeruk peras alami dengan air hangat.

Cara Cegah Sariawan:

  • Jangan makan dan minum yang terlalu panas
  • Jangan makan makanan pedas dan asam berlebih
  • Rutin konsumsi buah dan sayur
  • Hentikan kebiasaan menggigit bibir
  • Selalu menjaga kebiasaan mulut dengan rajin sikat gigi
  • Perbanyak minum air putih


Simak Video "Eksperimen Adegan Titanic, James Cameron Akui Jack Bisa Saja Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)