10 Obat Alami untuk Atasi Sakit Gigi

10 Obat Alami untuk Atasi Sakit Gigi

Dina Rahmawati - detikJatim
Senin, 29 Agu 2022 23:54 WIB
Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi sakit gigi/Foto: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik
Surabaya -

Sakit gigi merupakan kondisi nyeri yang muncul pada sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan sakit gigi bervariasi.

Penyebab utama sakit gigi adalah kerusakan gigi. Bakteri makanan yang hidup di mulut akan membentuk plak yang menempel pada permukaan gigi. Bakteri dalam plak memproduksi asam yang dapat mengikis lapisan putih keras di bagian luar gigi dan menciptakan rongga.

Rasa nyeri pada gigi tentu akan sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari. Apalagi, jika gusi membengkak akibat sakit gigi.

Nah, untuk meringankan rasa nyeri pada gigi, detikers bisa menggunakan 10 obat alami berikut ini:

1. Minyak Cengkih

Dikutip dari Healthline, minyak cengkih terbukti efektif untuk mengobati sakit gigi. Kandungan eugenol dalam cengkih dapat menjadi antiseptik alami, yang dapat menekan rasa sakit gigi dan mengurangi peradangan dalam rongga mulut.

Ada dua cara menggunakan minyak cengkih sebagai obat sakit gigi. Pertama, teteskan minyak cengkih ke kapas dan oleskan pada area gigi yang sakit. Cara kedua adalah dengan melarutkan minyak cengkih dalam segelas air untuk digunakan sebagai obat kumur.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam kerap menjadi pertolongan pertama yang efektif untuk meredakan nyeri pada gigi. Ini karena air garam adalah disinfektan alami yang dapat melonggarkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang tersangkut di sela-sela gigi.

Dalam penelitian dari jurnal Plos One dijelaskan bahwa air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Untuk meredakan rasa nyeri pada gigi, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air. Gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

3. Daun Jambu Biji

Selain dikenal dapat mengatasi diare, daun jambu biji juga dapat meredakan sakit gigi. Daun jambu biji memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Menurut sebuah penelitian dari National Center for Biotechnology Information, daun jambu biji juga memiliki antimikroba yang dapat membantu merawat area mulut.

Untuk menggunakan daun jambu biji sebagai obat sakit gigi, cukup kunyah daun jambu biji segar. Opsi lainnya adalah berkumur dengan daun jambu biji yang telah dilarutkan ke air mendidih.

4. Bawang putih

Bumbu dapur ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk mengatasi sakit gigi. Kandungan antiseptik dan allicin pada bawang putih dapat melawan bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Antibakteri pada bawang putih juga mampu menekan risiko pembentukan plak pada gigi.

Bawang putih dapat dikunyah secara langsung untuk meredakan rasa sakit. Bisa juga dengan menghaluskan bawah putih sampai menjadi pasta, lalu dioleskan pada gigi yang sakit. Beberapa orang mungkin tidak cocok menggunakan bawang putih karena aromanya sangat kuat.

5. Peppermint

Peppermint memiliki kandungan senyawa mentol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan untuk mengatasi sakit gigi serta menenangkan gusi sensitif. Mentol juga dapat memberi efek dingin yang meredakan rasa nyeri.

Untuk mengatasi sakit gigi dengan peppermint, gunakan kantong teh peppermint yang sudah digunakan. Setelah suhu kantong teh tidak terlalu panas, aplikasikan pada gigi yang terasa sakit. Bisa juga menggunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin akan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi.



Simak Video "Maling Motor di Surabaya Gentayangan, Nih Buktinya!"
[Gambas:Video 20detik]