Bupati Sidoarjo: Dampak Terparah Puting Beliung Ada di 5 RT Dusun Mlaten

Bupati Sidoarjo: Dampak Terparah Puting Beliung Ada di 5 RT Dusun Mlaten

Tim detikJatim - detikJatim
Minggu, 23 Okt 2022 21:41 WIB
puting beliung sidoarjo sebabkan ratusan rumah di sidokepung rusak
Rumah warga Dusun Mlaten Sidoarjo rusak parah (Foto: Suparno/detikJatim)
Sidoarjo -

Perhatian Pemkab Sidoarjo difokuskan ke warga paling terdampak puting beliung. Yakni warga 5 RT di lingkungan RW 6, Dusun Mlaten, Sidokepung. Pemkab Sidoarjo bersama warga menyiapkan tempat penampungan sementara.

"Ada 5 RT di Dusun Mlaten, Sidokepung, Sidoarjo ini yang terdampak puting beliung. Paling parah ada di RT 23 (RW 6). Kalau secara umum untuk 2 desa di Buduran, yakni di Entalsewu dan Sidokepung ada 256 warga yang rumahnya rusak," ujar Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor Ali di lokasi, Minggu (23/10/2022).

Lokasi tempat penampungan yang disiapkan adalah Balai RW 6 Dusun Mlaten. Di bangunan seluas 10x20 meter tersebut warga yang rumahnya rusak parah dipersilahkan untuk bermalam.

Gus Muhdlor memerintahkan BPBD Sidoarjo menyediakan kebutuhan warga yang untuk sementara ini harus mengungsi dari rumahnya. Terutama kebutuhan penerangan karena di lokasi dusun itu listrik masih padam.

"Cukup lah kalau untuk menampung sementara warga yang rumahnya rusak parah. Ada di Balai RW dan juga di Musala. Saya minta instansi terkait malam ini juga menyediakan alat penerangan," ujarnya.

Belum diketahui berapa banyak warga yang memutuskan mengungsi dari rumah dan tinggal sementara di Balai RW yang telah disiapkan.

Namun, dari pantauan detikJatim di lokasi, sejumlah pemuda bersama Tagana Dinsos Sidoarjo terlihat menyiapkan kebutuhan air mineral, kursi, juga alas tempat tidur ukuran besar di Balai RW itu.

Sementara itu, ada sebagian warga yang rumahnya rusak terdampak puting beliung yang memutuskan mengungsi ke rumah saudaranya. Salah satunya Kustiah (54) warga RT 23, RW 6, Dusun Mlaten.

"Saya sama anak nginap sementara di rumah saudara. Rumahnya masih di kawasan Desa Sidokepung sini," ujarnya kepada detikJatim.



Simak Video "Keganasan Puting Beliung Terjang Sidoarjo: 4 Luka, 294 Rumah Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)