8 Obat Tradisional Atasi Flu Saat Musim Hujan

8 Obat Tradisional Atasi Flu Saat Musim Hujan

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Rabu, 12 Okt 2022 23:11 WIB
Obat flu alami yang bisa dicoba ibu hamil.
Ilustrasi orang sedang istirahat/Foto: Freepik
Surabaya -

Musim hujan telah tiba. Saatnya untuk lebih waspada menjaga kesehatan, karena biasanya tubuh lebih rentan sakit.

Flu merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang di kala musim hujan. Banyak obat di apotek yang bisa meredakan flu.

Namun khasiat dari obat tradisional juga tak kalah ampuh dalam mengatasi flu. Seperti 9 obat tradisional berikut ini:

1. Jahe

Minum jahe bisa menghangatkan tubuh. Anda tinggal mencampur potongan jahe dengan air hangat.

Jahe dapat meredakan flu dan juga batuk. Minuman jahe lainnya yang patut Anda coba yaitu wedang ronde. Jahe juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Sup Ayam

Mengkonsumsi sup ayam bisa mencairkan lendir di hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Sehingga membuat napas jadi lebih lega.

Sejak zaman dulu, sup ayam dikenal sebagai obat flu alami. Neutrofil dalam tubuh dapat melambat dengan semangkuk sup ayam dan sayuran.

3. Bawang Putih

Bawang putih sebagai bumbu masakan juga ampuh dalam meredakan flu. Minyak allicin pada bawang putih disebut ampuh melawan flu juga pilek.

Jika doyan, Anda bisa langsung memakan bawang putih tanpa perlu mengolahnya. Cara itu dinilai lebih efektif. Bisa juga dicampur dengan sup ayam.

4. Madu

Madu juga bermanfaat untuk meredakan flu. Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Cara menggunakan madu untuk meredakan flu yaitu mencampurnya dengan teh dan lemon. Gunakan air hangat agar lebih terasa.

5. Vitamin C

Minum vitamin tak harus menunggu musim hujan. Namun buah-buahan seperti jeruk nipis dan lemon juga ampuh dapat menjaga daya tubuh.

Vitamin C dapat meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas, dan penyakit lainnya. Anda bisa mencampur perasan jeruk ke dalam teh yang ditambah madu.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung sejuta manfaat untuk tubuh. Tak hanya dikenal sebagai minuman untuk diet, teh hijau juga ampuh meredakan flu.

Sebuah penelitian menyebutkan, teh hijau memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap infeksi flu.

7. Daun Mint

Pernapasan bisa jadi lebih lega dengan hangatnya menthol pada daun mint. Ekstrak daun mint diketahui memiliki cara kerja seperti obat dekongestan yang bisa mengencerkan lendir dalam hidung. Anda bisa mencari teh daun mint untuk meredakan flu.

8. Air Garam

Selain obat sembelit, air garam juga berfungsi untuk mengatasi hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan flu. Anda cukup melarutkan satu sendok garam dengan air hangat.

Air garam itu gunakan untuk berkumur agar lendir di hidung bisa lebih ringan dan encer.



Simak Video "Waspada Ular di Musim Hujan, Begini Cara Penanganannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT