10 Obat Alami untuk Atasi Radang Tenggorokan

Dina Rahmawati - detikJatim
Kamis, 08 Sep 2022 19:09 WIB
radang tenggorokan
Ilustrasi radang tenggorokan/Foto: shutterstock
Surabaya -

Radang tenggorokan merupakan kondisi tenggorokan yang mengalami peradangan atau iritasi. Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan rasa sakit dan sensasi gatal di tenggorokan, sulit bernapas, ruam merah pada langit-langit mulut, suara serak, hingga demam tinggi.

Kondisi tersebut tentu terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas. Apabila sakit tenggorokan dirasa masih ringan, pengobatan di rumah dengan bahan-bahan alami dapat dicoba.

Mengutip dari situs Healthline, berikut 10 obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan:

1. Air Putih

Konsumsi air putih dapat meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Sebab, air putih akan menjaga selaput lendir tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri penyebab peradangan.

Air putih hangat juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan meningkatkan aliran lendir. Hindari cairan yang mengandung kafein supaya tidak semakin dehidrasi.

2. Madu

Obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan selanjutnya adalah madu. Madu dikenal memiliki sifat antimikroba yang efektif dalam mengurangi beberapa virus penyebab penyakit.

Dalam sebuah penelitian dari British Medical Journal, madu juga efektif dalam mengatasi infeksi saluran pernapasan.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, campurkan 2 sendok makan madu ke dalam segelas air hangat. Bisa juga diminum secara langsung. Konsumsi madu secara rutin sesuai kebutuhan.

3. Lemon

Lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat meredakan radang tenggorokan dan sariawan. Kandungan astringent dalam lemon juga dapat mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus atau bakteri penyebab iritasi.

Untuk membuat obat alami radang tenggorokan, campurkan satu sendok teh air lemon dengan segelas air hangat. Jika tidak suka rasa asam, gunakan madu sebagai pemanis.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk menenangkan radang tenggorokan. Sebuah penelitian dari Spandidos Publications menyebutkan, teh chamomile memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan radang tenggorokan.

Minum teh chamomile juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyebab radang tenggorokan. Cara membuat teh chamomile cukup mudah. Seduh 2-4 sendok makan teh chamomile dengan air panas sampai berwarna cokelat keemasan.

5. Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu obat alami yang sederhana untuk meredakan radang tenggorokan. Air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan serta membunuh bakteri di tenggorokan.

Buat larutan air asin dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumur dengan air garam dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Jangan gunakan obat alami ini untuk anak-anak yang masih belum mampu meludah.



Simak Video "KuTips: Alternatif Penurun Demam pada Anak Tanpa Obat Sirup"
[Gambas:Video 20detik]