Warga Malang Bentangkan Spanduk 'Usut Tuntas' saat Jokowi Melintas

Warga Malang Bentangkan Spanduk 'Usut Tuntas' saat Jokowi Melintas

Muhammad Aminudin - detikJatim
Rabu, 05 Okt 2022 17:45 WIB
Warga di Malang membentangkan spanduk Usut Tuntas saat Jokowi melintas
Warga di Malang membentangkan spanduk saat Jokowi melintas (Foto: Tangkapan layar)
Malang -

Sejumlah warga nekat membentangkan spanduk bertulis 'Usut Tuntas' ketika rombongan Presiden Joko Widodo melintas. Peristiwa terjadi ini saat rombongan Jokowi menuju Stadion Kanjuruhan Rabu (5/10) siang.

Pembentangan spanduk hitam itu dilakukan di tepi jalan. Tepatnya depan pintu gerbang gedung DPRD Kabupaten Malang Jalan Panji, Kepanjen.

Sejumlah warga memang sengaja ingin menunjukkan spanduk 'Usut Tuntas' ketika rombongan presiden melintas. Tampak beberapa personel polisi berseragam mengawal aksi warga tersebut.

Salah satu warga yang ikut, Sulaiman Wahyu Aji mengaku sengaja membentangkan spanduk 'Usut Tuntas' sebagai bentuk tuntutan dan protes. Ini setelah wakil rakyat di Malang kurang lantang menyuarakan Tragedi Kanjuruhan.

"Karena kami melihat perwakilan rakyat di gedung DPRD Kabupaten Malang ini kurang lantang menyuarakan nasib dari masyarakat kabupaten dan masyarakat Malang," ujar Sulaiman ditemui disela aksi, Rabu (5/10/2022).

Warga di Malang membentangkan spanduk Usut Tuntas saat Jokowi melintasWarga di Malang membentangkan spanduk saat Jokowi melintas (Foto: Tangkapan layar)

Menurut Sulaiman, para wakil rakyat seharusnya berbicara lantang terkait Tragedi Kanjuruhan. Sebab korban meninggal telah mencapai 131 orang.

"Seharusnya bicara lantang, agar diusut tuntas ini kejadian karena gas air mata. 2018 pernah terjadi, tetapi DPRD sebagai wakil rakyat tak bicara lantang," tuturnya.

Lalu apa harapan kedatangan Presiden Jokowi ke Malang? Sulaiman menyebut tragedi ini karena represifitas oknum aparat. Untuk itu, para pelaku harus tanggung jawab.

"Harapan saya benar-benar ditemukan oknumnya yang bertanggung jawab atas penembakan gas air mata karena itu menyebabkan banyaknya korban," tegasnya.

Pantauan detikJatim, spanduk warna hitam bertulis 'Usut Tuntas' juga banyak dipasang di ruas Jalan Panji. Pada jalan tersebut memang menjadi salah satu rute yang dilewati rombongan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi beserta rombongan sendiri tiba di area stadion Kanjuruhan sekitar pukul 14.26 WIB. Jokowi datang bersama ibu negara dan sejumlah menteri dan Kapolri.



Simak Video "Tangis Presiden Arema soal Tragedi Kanjuruhan: Saya Siap Tanggung Jawab"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)