Anies Baswedan Capres NasDem, Demokrat-PKS Jatim Kompak Ucapkan Selamat

Anies Baswedan Capres NasDem, Demokrat-PKS Jatim Kompak Ucapkan Selamat

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 03 Okt 2022 20:47 WIB
Deklarasi Anies Baswedan capres NasDem (Eva Safitri/detikcom).
Deklarasi Anies Baswedan capres NasDem (Foto: Eva Safitri/detikcom).
Surabaya -

NasDem telah menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan untuk diusung jadi calon presiden (capres) 2024. Banyak yang memprediksi, NasDem akan berkoalisi dengan Demokrat dan PKS.

Menanggapi soal koalisi tersebut, Ketua Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak patuh sepenuhnya kepada DPP. Dia yakin keputusan DPP adalah yang terbaik.

Emil menyinggung hubungan baik Demokrat Jatim dengan NasDem Jatim. Kedua partai sudah menjalin komunikasi sejak Pilgub Jatim 2018.

"Kalau di Jawa Timur punya nostalgia mengusung Bu Khofifah dan saya dalam Pilgub Jatim 2018. Hubungan kami baik sekali dengan Bu atau Kak Jeanette dan kawan-kawan (pengurus NasDem)," kata Emil usai rapat paripurna di DPRD Jatim, Senin (3/10/2022).

Emil menyampaikan ucapan selamat kepada NasDem dan Anies Baswedan. Secara diplomatis, Emil menilai pencalonan Anies akan mewujudkan demokrasi yang makin baik.

"Saya kalau dalam konteks politik nasional, itu kewenangan DPP, posisi Demokrat sudah disampaikan. Saya mengutip posisi partai Demokrat, yang kemudian menyampaikan selamat atas apa yang dideklarasikan oleh Partai NasDem," tambah Emil.

"Dan juga kepada Bapak Anies Rasyid Baswedan semoga menjadi langkah untuk mewujudkan demokrasi yang semakin baik di Indonesia dengan adanya pengumuman pencalonan beliau dari partai NasDem," sambungnya.

Sementara itu, Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan mengaku senang atas penunjukkan Anies sebagai capres NasDem. Dia masih menunggu keputusan DPP untuk berkoalisi mengusung Anies atau tidak.

"Kami mengucapkan selamat atas deklarasi Partai NasDem mengusung Pak Anies sebagai capres. Kalau ada perkembangan (soal koalisi), pasti kita kabari," sebut Irwan.

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem Surya Paloh resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan mereka usung di Pilpres 2024. Menurutnya, Anies adalah yang terbaik.

"Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best?" kata Paloh dalam acara pengumuman capres oleh Partai NasDem, bertempat di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2022).

Paloh meyakini anak-anak bangsa saat ini baik. NasDem, katanya, memilih yang terbaik oleh karena itu dia memutuskan sosok Anies Baswedan yang dipilih.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh.



Simak Video "Jokowi Ingatkan Sebentar Lagi Tahun Politik: Jangan Ada Adu Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)