Jatuhkan Pilihan ke Anies Baswedan, NasDem Dinilai Keluar dari Zona Nyaman

Jatuhkan Pilihan ke Anies Baswedan, NasDem Dinilai Keluar dari Zona Nyaman

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 03 Okt 2022 20:02 WIB
Deklarasi Anies Baswedan capres NasDem (Eva Safitri/detikcom).
Deklarasi Anies Baswedan capres NasDem. (Foto: Eva Safitri/detikcom).
Surabaya -

Anies Baswedan resmi diusung NasDem sebagai calon presiden (capres) 2024. Keputusan NasDem menjatuhkan pilihan kepada Anies itu dinilai sebagai pertaruhan besar. NasDem dianggap keluar dari zona nyaman.

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menjelaskan maksud NasDem keluar dari zona nyaman karena memilih Anies. Selama ini Anies kerap dicap menggunakan politik identitas. Berbanding terbalik dengan NasDem yang mengedepankan politik moderat kebangsaan.

"Saya pikir NasDem kali ini serius dan sekaligus berani untuk menakar respons negatif publik, khususnya terkait politik identitas," kata Surokim kepada detikJatim, Senin (3/10/2022).

"NasDem benar-benar ingin men-challenge dan juga mengakui bahwa keputusan ini termasuk keputusan politik yang sulit dan menantang untuk NasDem yang selama ini juga menjadi garda depan politik moderat kebangsaan. Kali ini NasDem berani untuk menguji respons langsung publik dan bagi saya itu kejutan yang berani tanpa tedeng aling-aling," sambungnya.

Surokim menilai, NasDem benar-benar serius mengusung Anies sebagai capres. Pengumuman sejak jauh-jauh hari bertujuan untuk menjaga peluang politik Anies.

Peneliti Senior SSC ini juga memprediksi partai yang akan mengusung Anies sebagai capres 2024. Antara lain PKS dan Partai Demokrat.

"Menurut saya, peluang PKS dan Demokrat bergabung dengan NasDem masih cukup besar karena keduanya punya gap psikologis dan positioning dengan PDIP yang sulit berpadu. Kini bandul itu relatif terbuka dengan motor penggerak NasDem," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem Surya Paloh resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan mereka usung di Pilpres 2024. Menurutnya, Anies adalah yang terbaik.

"Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best" kata Paloh dalam acara pengumuman capres oleh Partai NasDem, bertempat di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin pagi.

Paloh meyakini anak-anak bangsa saat ini baik. NasDem, katanya, memilih yang terbaik oleh karena itu dia memutuskan sosok Anies Baswedan yang dipilih.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh.



Simak Video "Surya Paloh Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapresnya Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)