Kriss Hatta Nikah Beda Agama, PN Surabaya: Kami Mengizinkan Bukan Menikahkan

Kriss Hatta Nikah Beda Agama, PN Surabaya: Kami Mengizinkan Bukan Menikahkan

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Jumat, 30 Sep 2022 17:47 WIB
Pose Asyik Kriss Hatta Saat Seruput Kopi dan Hangout di Kafe
Foto: Instagram @krisshatta07
Surabaya -

Kriss Hatta hendak menikahi kekasihnya yang masih di bawah umur dan beda agama. Kabar kontroversial itu mendapat respons khalayak. Terlebih ia menyebut hendak melangsungkan pernikahan dan merampungkan administrasi di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Seperti diketahui sedang ramai diperbincangkan tentang artis Kriss Hatta yang mengaku punya kekasih baru yakni gadis berusia 14 tahun. Ia pun menyatakan dirinya akan segera melanjutkan hubungan itu ke jenjang pernikahan.

Menanggapi hal itu Humas PN Surabaya Anak Agung Gede Agung Pranata mempersilakan. Namun Agung menegaskan PN Surabaya bukanlah institusi yang bisa menikahkan Kris Hatta dan pasangannya.

PN Surabaya hanya akan mengeluarkan surat penetapan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) melakukan pencatatan pernikahan. Karena itu, Gede menegaskan bahwa PN Surabaya tidak bisa dikaitkan atau turut andil dalam kontroversi hubungan antara presenter program Uang Kaget pada 2017 itu dengan kekasihnya.

"Kami (PN Surabaya) hanya mengizinkan untuk mencatatkan perkawinan beda agama ke Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), bukan menikahkan," tuturnya saat dikonfirmasi detikJatim, Jumat (30/9/2022).

Dia menjelaskan PN Surabaya akan menerima semua permohonan untuk disidangkan. Termasuk permohonan menikah beda agama.

Bila Kriss Hatta mengajukan permohonan untuk menikah beda agama ke PN Surabaya, Gede pun akan memastikan bahwa pihaknya akan memprosesnya. Pada prinsipnya dia menegaskan bahwa PN Surabaya tidak akan menolak permohonan siapa pun.

"Kami bantu dan proses seluruh pemohon," kata Agung.

Lalu, Gede mempertanyakan perihal perizinan atau administrasi dari pihak Kris Hatta. Menurutnya, hingga kini, pihaknya belum menerima permohonan yang dimaksud.



Simak Video "PN Surabaya Sahkan Nikah Beda Agama, Ma'ruf Amin: Tidak Boleh"
[Gambas:Video 20detik]