Sederet Fakta Aksi Mesum Maba di Malang Tertangkap Basah Pelukan-Ciuman

Sederet Fakta Aksi Mesum Maba di Malang Tertangkap Basah Pelukan-Ciuman

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 30 Sep 2022 10:34 WIB
sejoli yang diamankan satpol pp kota malang
Mahasiswa baru yang diamankan Satpol PP Kota Malang akibat berbuat mesum (Foto: Dok. Satpol PP Kota Malang)
Kota Malang -

Aksi tak senonoh dua sejoli terekam kamera. Keduanya berbuat mesum di tengah kegelapan dekat pagar Universitas Negeri Malang (UM), Jalan Terusan Surabaya, Kota Malang. Aksi ini sempat viral dan menyebar di media sosial.

Ada dua video yang beredar dengan durasi masing-masing 12 detik. Dua video memperlihatkan perbuatan tak senonoh yang dilakukan muda-mudi ini. detikJatim menghimpun sederet fakta soal aksi mesum ini:

1. Dua Sejoli Pelukan hingga Ciuman

Dua video yang beredar memperlihatkan sejoli duduk berdampingan di depan sebuah pagar. Si pria mengenakan baju merah, sementara perempuan mengenakan baju dan jilbab putih.

Mereka tampak mesra dengan tangan si pria melingkar di pinggang si perempuan. Mereka terlihat berpelukan. Mereka juga terlihat saling berciuman.

2. Satpol PP Langsung Turun Tangan

Video viral aksi mesum dua sejoli ini sampai ke tangan Satpol PP Kota Malang. Mereka segera bereaksi mencari siapa dua orang tersebut. Satpol PP menggencarkan patroli untuk melacak dan menangkap sejoli itu.

Kabid Ketertiban dan Ketentraman Umum (KKU) Satpol PP Kota Malang, Rahmat Hidayat membenarkan adanya video tersebut. Rahmat menambahkan setelah video dugaan sepasang muda mudi mesum di kawasan UM, pihaknya langsung meminta personel Satpol PP gencar melakukan patroli sekaligus mengidentifikasi sepasang muda mudi yang terekam dalam video itu.

"Setelah ada video itu, kami langsung menugaskan staf saya untuk melakukan pulbaket atau deteksi dini tempat-tempat yang disinyalir sebagai lokasi mesum," ujar Rahmat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/9/2022).

3. Mesum di Tempat Umum Bisa Kena Sanksi

Menurut Rahmat, patroli juga berkaitan dengan Perda nomor 8 tahun 2005 tentang Perbuatan Cabul. Perbuatan seperti itu dapat dikenakan sanksi berupa denda hingga kurungan penjara.

"Bisa dikenakan Tipiring, namun harus disertai dengan bukti-bukti kuat," tegasnya.

Aparat penegak perda ini kerap menggelar operasi untuk menindak perbuatan mesum di tempat umum. Namun pelakunya biasanya kabur begitu mengetahui ada patroli petugas.

Pada umumnya tindak asusila di tempat umum merupakan pelajar dan mahasiswa. "Apabila tertangkap tangan berbuat mesum di tempat umum maka orang tuanya kita panggil," ujar Rahmat.

Polisi tangkap basah dua pasang mahasiswa mesum, apakah yang di video viral? Baca halaman selanjutnya!