Benarkah Daging Kuda Berkhasiat untuk Kejantanan? Simak Kata Dokter FKH Unair

esti widiyana - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 17:57 WIB
Sate kuda Ponorogo
Sate kuda di Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim)
Surabaya -

Di Ponorogo, ada warung yang menjual kudapan berbahan dasar daging kuda. Olahan daging kuda ini disebut memiliki sejumlah khasiat, mulai dari menambah vitalitas pria hingga obat diabetes.

Bahkan ada yang menyebut, torpedo kuda dipercaya bisa menambah kejantanan pria. Hal ini masih menjadi perdebatan. Lalu, bagaimana penjelasannya secara medis?

Dokter Hewan FKH Unair Surabaya, Dr Boedhi Setiawan MP drh mengatakan, faktanya daging kuda memang memiliki khasiat untuk kesehatan. Tetapi, untuk torpedo kuda yang disebut untuk kejantanan itu baru mitos.

Dokter Boedhi menjelaskan, daging kuda sama seperti daging sapi dan kambing. Di mana terdapat kandungan protein dan lemak. Daging kuda memiliki protein tinggi dan lemak yang rendah. Untuk itu, kejantanan bisa didapat dari protein sebagai bahan utama dalam membangun sel tubuh.

Sebab, sel-sel regenerasi tubuh membutuhkan protein. Jika mendapatkan protein yang cukup tinggi, otomatis sel-sel yang rusak menjadi lebih baik. Saat protein cukup, sel menjadi bagus hingga tubuh akan terasa lebih sehat.

"Kaitannya dengan kejantanan, spermatogenesis membentuk sperma menjadi lebih baik lagi, karena untuk sperma itu butuh protein yang tinggi. Jadi kaitannya itu protein tinggi, rendah lemak, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi yang memiliki tekanan darah tinggi. Sebetulnya itu kolesterolnya rendah, lemaknya rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Itu berkaitan dengan kejantanan," kata Dokter Boedhi saat dihubungi detikJatim, Rabu (28/9/2022).

Namun, efek ini hanya berlaku pada seseorang yang tidak mengidap penyakit. Karena, adanya penyakit seperti diabetes bisa memengaruhi metabolisme tubuh.

"Jadi bisa saja untuk kejantanan, bisa. Selama tidak ada gangguan metabolisme lain. Misalnya, ada diabetes dan lain-lain, nggak ngefek nanti. Kalau penyakit yang tidak dihilangkan, sama saja tidak bisa. Kalau orangnya sehat ditambah dengan nutrisi yang sehat, maka kejantanan akan menjadi lebih baik lagi," tambahnya.

Bagaimana dengan torpedo kuda? Baca di halaman selanjutnya!