Motor Elpiji SMK Bondowoso Mampu Tempuh Jarak 400 Km dengan Tabung 3 Kg

Chuk Shatu Widharsa - detikJatim
Senin, 26 Sep 2022 16:56 WIB
Sepeda motor berbahan bakar bensin yang dikonversi menjadi berbahan bakar elpiji
Sepeda motor yang dikonversi berbahan bakar gas elpiji. (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikJatim)
Bondowoso -

Pelajar SMK PGRI 2 Bondowoso melakukan inovasi. Mereka mengonversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi berbahan bakar gas elpiji. Dengan modal elpiji 3 kg dalam tabung melon, sepeda motor yang dirangkai para pelajar ini mampu menempuh jarak 400 kilometer.

Siswa SMK PGRI 2 Bondowoso yang jadi tim inovasi konversi sepeda motor elpiji Rahmat Wahyudi menyebutkan setelah dikonversi ke elpiji, dengan sentuhan teknis tertentu sepeda motor masih bisa memanfaatkan 2 bahan bakar secara bergantian. Baik memakai BBM maupun gas elpiji.

"Dua-duanya, BBM dan gas elpiji bisa digunakan. Sudah ada tombolnya, tinggal mau menggunakan bahan bakar yang mana," cetus ujar Rahmat, Senin (26/9/2022).

Sebelumnya dia menjelaskan, kebutuhan untuk konversi bahan bakar sepeda motor itu sangat terjangkau. Untuk pembelian sejumlah perangkat konversi bahan bakar itu hanya dibutuhkan biaya tidak sampai Rp 500 ribu.

"Untuk pembelian sejumlah perangkat konversi bahan bakar, termasuk untuk mengisi gas elpiji di tabung 3 kg hanya butuh sekitar Rp 300 ribu," ujar Rahmat, Senin (26/9/2022).

Dengan biaya konversi yang sangat terjangkau itu, untuk 1 tabung elpiji melon berisi 3 kg sepeda motor itu mampu menempuh perjalanan sekitar 400 kilometer dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

"Jarak tempuhnya untuk 1 tabung elpiji 3 kg bisa mencapai 400 kilometer dengan kecepatan maksimal 80 km/jam," kata Rahmat.

Secara teknis, tabung gas elpiji melon 3 kg yang berfungsi menggantikan bensin itu diletakkan di belakang jok dengan selang yang tersambung ke mesin motor.

Jika bahan bakar elpiji itu habis, kata Rahmat, pemilik motor tinggal menggantinya dengan tabung gas elpiji 3 kg yang sudah terisi.

Perlu sedikit memodifikasi mesin. Baca di halaman selanjutnya.