Bupati Mojokerto: Kami Pastikan Pilkades Sesuai Tahapan dan Peraturan

Bupati Mojokerto: Kami Pastikan Pilkades Sesuai Tahapan dan Peraturan

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Rabu, 14 Sep 2022 08:54 WIB
Pemkab Mojokerto
Foto: dok. Pemkab Mojokerto
Kabupaten Mojokerto -

Pilkades serentak 41 desa di Kabupaten Mojokerto tinggal menghitung jam. Bupati Mojokertor Ikfina Fahmawati bersama Kapolres Mojokerto Kota dan Dandim 0815 pun menggelar patroli untuk mengecek persiapan pesta demokrasi tersebut. Seperti apa hasilnya?

Patroli dimulai dari Mapolres Mojokerto Kota di Jalan Bhayangkara sekitar pukul 15.00 WIB. Kali ini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berpatroli mengendarai sepeda motor polisi. Ia didampingi Sekda Teguh Gunarko, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Wiwit Adisatria dan Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Beni Asman yang juga mengendarai sepeda motor.

Di sepanjang perjalanan, rombongan Forkopimda itu dikawal anggota polisi bersenjata lengkap dan sejumlah anggota TNI. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Didik Chusnul Yakin, Kepala Bakesbangpol Nugraha Budhi Sulistya, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar juga mengikuti patroli tersebut.

Desa Canggu di Kecamatan Jetis menjadi sasaran pertama patroli. Di tempat ini, Bupati Ikfina bersama Kapolres Mojokerto Kota dan Dandim 0815 mengecek personil keamanan dan panitia Pilkades. Kedatangan mereka disambut pasukan polisi, TNI, linmas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan semua panitia Pilkades.

Ikfina juga mengecek kesiapan logistik untuk pemungutan suara besok pagi. Baik berupa bilik, surat, kotak suara maupun peralatan lainnya. Patroli berlanjut ke kantor Desa Jetis di kecamatan yang sama. Pengecekan serupa dilakukan Bupati Ikfina.

Ia sempat berdialog dengan panitia Pilkades setempat untuk memastikan tidak ada kendala menjelang pemungutan suara. Rombongan Forkopimda lantas mengecek kesiapan Pilkades di Desa Gunungan, Kecamatan Dawarblandong dan Desa Sidoharjo, Kecamatan Gedeg.

"Kami meninjau desa yang melaksanakan Pilkades serentak, kami sampling. Kami ingin memastikan persiapan Pilkades serentak sesuai tahapan dan peraturan yang sudah ditetapkan," kata Ikfina kepada wartawan di Kantor Desa Jetis, Selasa (13/9/2022).

Berdasarkan hasil patroli sore tadi, Ikfina memastikan persiapan Pilkades serentak di Kabupaten Mojokerto sudah matang. Baik dari sisi logistik, pengamanan maupun panitia. Sebagai contoh kotak dan surat suara yang sudah disimpan di ruangan khusus di masing-masing kantor desa.

Ruangan tersebut dikunci rapat dan dijaga ketat oleh polisi, TNI dan linmas untuk mencegah manipulasi. Kotak dan surat suara akan didistribusikan ke setiap TPS besok setelah salat subuh.

"Kotak suara sudah disimpan dengan baik dan siap disitribusikan besok sesuai aturan yang berlaku. Panitia pilkades di setiap desa juga sudah siap. Pengamanan dari linmas, Polres Mojokerto Kota dan Kodim 0815 sudah disiapkan semuanya. Kami berharap besok semuanya berjalan dengan baik, lancar, tertib, aman dan sejuk tanpa permasalah yang berarti," jelas orang nomor satu di Pemkab Mojokerto ini.

Bupati perempuan pertama di Mojokerto ini menambahkan Pilkades serentak di 41 desa yang tersebar di 15 kecamatan akan digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tentu saja untuk mencegah munculnya klaster atau episentrum baru.

"Karena Pilkades serentak kali ini dalam situasi pandemi COVID-19 dan PPKM level 1. Memang bisa dilaksanakan dengan kapasitas 100 persen. Namun, tetap kami laksanakan menggunakan prokes. Penggunaan masker, menghindari kerumunan, jaga jarak semuanya dilaksanakan sebagai mana mestinya," tegasnya.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Wiwit Adisatria menuturkan patroli Forkopimda sore tadi untuk memastikan kesiapan logistik Pilkades serentak sekaligus kesiapan petugas pengamanan. "Kami terima kasih kepada Bupati yang berkenan hadir melaksanakan patroli. Tentunya kehadiran beliau memberi semangat kepada semua rekan-rekan yang melaksanakan pengamanan. Baik dari TNI, polres maupun linmas," terangnya.