7 Obat Tradisional Atasi Masuk Angin Tanpa Kerokan

7 Obat Tradisional Atasi Masuk Angin Tanpa Kerokan

Dina Rahmawati - detikJatim
Jumat, 26 Agu 2022 23:48 WIB
ilustrasi sakit
Ilustrasi sakit/Foto: iStock
Surabaya -

Masuk angin merupakan sebuah istilah yang digunakan masyarakat Indonesia untuk menggambarkan beberapa keluhan. Seperti demam, menggigil, pegal-pegal dan perut kembung.

Masuk angin sering terjadi saat musim hujan atau cuaca dingin. Di mana sebagian orang percaya bahwa masuk angin terjadi akibat banyak angin yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, masuk angin sebenarnya tidak ada dalam istilah medis. Kondisi tersebut disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun.

Biasanya, masuk angin juga disertai dengan gejala sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan menurun, sakit perut dan diare.

Masuk angin bersifat ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Beberapa masyarakat mengatasi masuk angin dengan kerokan. Namun, detikers juga bisa mengatasi masuk angin dengan obat tradisional yang mudah ditemukan.

Berikut 7 obat tradisional untuk mengatasi masuk angin tanpa kerokan:

1. Jahe

Bumbu dapur ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk menangani mual, muntah dan kondisi terkait masuk angin. Kandungan di dalam jahe seperti serat, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc sangat baik untuk kesehatan.

Detikers bisa mengonsumsi air seduhan jahe. Selain itu, jahe juga bisa langsung dikunyah atau dicampur ke dalam teh hangat.

2. Lemon

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients, vitamin C dalam lemon berkontribusi dalam mempertahankan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Kandungan asam dalam lemon berfungsi untuk membentuk senyawa bikarbonat yang membantu meredakan rasa mual.

Minum air hangat yang telah ditambahkan perasan buah lemon untuk mengatasi rasa mual akibat masuk angin.

3. Peppermint

Peppermint kerap digunakan sebagai bahan herbal untuk meredakan berbagai penyakit. Dalam sebuah studi dari National Library of Medicine disebutkan bahwa minyak peppermint efektif mengurangi rasa mual. Minyak peppermint juga dapat membantu melemaskan otot lambung yang kram akibat masuk angin.

Cara penggunaan peppermint cukup mudah. Seduh daun peppermint kering dengan air secukupnya. Setelah itu, hirup selagi hangat untuk meredakan rasa mual dan kram perut.



Simak Video "Ramuan Herbal Pengganti Obat Sirup dari PDPOTJI"
[Gambas:Video 20detik]