Warga Ponorogo Mulai Rasakan Kekeringan, BPBD Dropping Air Bersih

Charolin Pebrianti - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 12:50 WIB
BPBD Mulai melakukan dropping air ke warga
BPBD mulai melakukan dropping air ke warga (Dok. BPBD Ponorogo)
Ponorogo -

Memasuki musim kemarau, warga Dusun Jenggring, Desa Duri, Kecamatan Slahung, Ponorogo, mengalami kekeringan. Mereka pun meminta BPBD untuk dropping air bersih.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Yudik Asmoro menerangkan pihaknya sudah melakukan dropping ke Dusun Jenggring sejak Selasa (9/8/2022).

"Surat permintaan dari Kades Duri masuk Senin (8/8), Selasa (9/8) kita kirim air bersih," tutur Yudik kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Yudik menerangkan dropping air dilakukan di satu RT. Yakni di RT 2 RW 3 Dukuh Jenggring, Desa Duri, Kecamatan Slahung. Total ada 9 KK dengan 23 jiwa.

"Dropping air kemarin satu tangki, isi 6 ribu liter. Diisi dua tandon sama dibagi ke jeriken dan tempat air warga," terang Yudik.

Menurutnya, melihat kondisi kebutuhan air warga dropping dilakukan biasanya pada hari Senin dan Kamis. Pasalnya, dusun ini memang langganan kekurangan air bersih.

"Sebelum kekeringan mereka ada yang pakai sumur manual, tapi kalau saat ini tidak keluar airnya," imbuh Yudik.

Saat dropping air, BPBD menerjunkan 7 personel. BPBD menyiapkan truk tangki untuk dropping air. "Kita siap armada dan personel untuk kirim air," pungkasnya.



Simak Video "BMKG: Musim Kemarau di Beberapa Wilayah Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)