Jemaah Haji Kota Kediri Diberangkatkan, Wali Kota Ingatkan Cuaca Panas

Andhika Dwi - detikJatim
Kamis, 09 Jun 2022 16:42 WIB
CJH Kediri diberangkatkan
CJH Kota Kediri diberangkatkan (Foto: Andhika Dwi/detikJatim)
Kota Kediri -

Satu per satu kloter haji asal Jawa Timur diberangkatkan. Kali ini, giliran 89 Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Kediri berangkat menuju Madinah. CJH diberangkatkan oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar dari halaman Pemkot Kediri, Kamis (9/6/2022) pukul 03.30 WIB.

"Alhamdulillah kami bisa memberangkatkan calon jamaah haji lagi setelah dua tahun tertunda akibat pandemi. Kami di sini akan mendoakan panjenengan agar selalu diberi keselamatan, kesehatan, dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji," kata pria yang akrab disapa Mas Abu itu.

Dalam sambutannya, Mas Abu mengingatkan kepada CJH menjaga kesehatan untuk menghadapi cuaca panas. Terutama menjaga asupan cairan agar tidak dehidrasi. Sebab, cuaca di Arab Saudi diperkirakan mencapai 40 hingga 47 derajat celcius. Selain itu, Mas Abu mengingatkan agar para CJH menaati peraturan, khusunya pada saat proses lempar jumrah.

"Harus menunggu petunjuk dari Pemerintah Indonesia. Waktunya pasti sudah diatur dan disesuaikan, sebab pasti akan berjubel. Insyaallah diberi kemudahan dan keamanan. Semoga menjadi haji yang mabrur," Imbuh Mas Abu.

Mas Abu juga berharap agar kuota haji tahun mendatang akan lebih banyak. Sebab antusiasme masyarakat untuk bisa menunaikan ibadah haji sangat tinggi.

"Tahun-tahun sebelumnya bisa mencapai sekitar 350 orang. Semoga kuotanya bisa kembali seperti sebelumnya," pungkasnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kediri Muhdlor menambahkan, CJH Kota Kediri tergabung dalam kloter 8 gelombang 1. Bersama Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Kediri, dan Kota Surabaya.

"Pada gelombang satu ini dari Asrama Haji langsung menuju ke Bandara Madinah. Lalu setelah melaksanakan Arbain baru menuju ke Mekkah," imbuhnya.

Kemenag Kota Kediri juga telah memberikan arahan kepada calon jamaah haji terkait cuaca panas. Bahkan, saat Wukuf Arafah diprediksi cuaca Arab Saudi mencapai 50 derajat.

"Sudah kami berikan pembekalan. Terutama untuk menghadapi cuaca panas, ini diprediksi akan terjadi hingga 7 tahun ke depan. Mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah," ujarnya.



Simak Video "Suasana di Padang Arafah Jelang Wukuf, Mulai Dipadati Jemaah"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)