Soal Lepas Masker di Luar Ruangan, Wali Kota Malang: Pelan-pelan

Muhammad Aminudin - detikJatim
Rabu, 18 Mei 2022 09:58 WIB
Wali Kota Malang, Sutiaji
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Malang -

Presiden Joko Widodo memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker di luar ruangan. Sejalan dengan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang secara perlahan juga akan menerapkan aturan baru tersebut.

"Makanya nanti secara pelan-pelan, seperti Car Free Day rencananya akan kami buka kembali," jelas Wali Kota Malang Sutiaji saat dikonfirmasi detikJatim, Rabu (18/5/2022).

Meski demikian, kata Sutiaji, segala kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan akan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

"Itu rencananya (Car Free Day), tapi tetap kami pakai protokol kesehatan. Untuk kerumunan-kerumunan tetap tidak diperbolehkan (lepas masker), bahasanya kan begitu," tegas Sutiaji.

Menurut Sutiaji, upaya pengendalian sebaran COVID-19 dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan tetap diberlakukan.

"Masih (PPKM), kan dulu saya merekomendasikan masih tetap terpakai. Ini kan seandainya sudah tidak pakai masker itu engak apa-apa. Kalau masih pakai masker, kan malah lebih baik," tutur Sutiaji.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 sampai dengan Selasa (17/5/2022), tercatat hanya ada tambahan 2 kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kota Malang dengan kasus aktif sebanyak 5 kasus.

Sementara total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Malang sebanyak 28.777 kasus, pasien sembuh 27.527 orang, dan meninggal dunia 1.245 orang.

"Dalam dua pekan ini, hanya ada penambahan dua kasus saja. Untuk kasus aktif lima kasus, satu pasien harus dirawat di rumah sakit karena mengalami gejala sedang. Lainnya menjalani pengobatan di rumah," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif dikonfirmasi terpisah.



Simak Video "Menkes Sebut Indonesia Berpeluang Bebas Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)