Polisi Tilang Brio yang Viral Pakai Strobo Terobos Macet di Kota Malang

Muhammad Aminudin - detikJatim
Selasa, 17 Mei 2022 20:20 WIB
viral brio pakai strobo
Brio pake strobo yang viral terobos kemacetan di Kota Malang (Foto: Tangkapan layar)
Kota Malang -

Honda Brio pakai strobo viral menerobos kemacetan di Kota Malang. Polisi telah mengamankan pengemudi mobil tersebut dan telah menilangnya.

"Sudah kita tangani dan diberikan penindakan berupa tilang," ujar Kepala Urusan Registrasi dan Identifikasi (Kaur Regident) Satlantas Polresta Malang Kota AKP Rahandi Gusti Pradana kepada wartawan di Mapolresta, Selasa (17/5/2022).

Rahandi mengatakan tilang dilakukan karena Brio tersebut telah melanggar Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan yakni pasal 287 ayat 4 juncto pasal 59 ayat 3.

"Karena menggunakan strobo dan sirene bukan untuk kendaraan pribadi bukan kendaraan dengan ketentuan tertentu," kata Rahandi.

Brio berwarna putih itu viral setelah diunggah oleh akun TikTok @bangruli97 dengan judul 'mobil norak arogan di Malang'. @bangruli97 telah mengizinkan unggahannya digunakan oleh detikJatim.

Dalam video itu, Brio bernopol B 2509 FIZ itu menyalakan lampu strobo untuk menerobos kemacetan ketika melaju dari arah Kota Batu menuju Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang.

Nyala lampu strobo yang disertai bunyi sirene itu sontak membuat kendaraan lain berhenti untuk memberi jalan. Perekam membuntuti aksi pengendara tersebut sampai keberadaannya menghilang di kawasan Jalan Soekarno-Hatta.

"Kejadiannya kemarin (Senin 16 Mei 2022), sekitar pukul 17.50 WIB. Mobil melaju dari arah Kota Batu," kata pemilik akun @bangruli97.



Simak Video "Menikmati Sandwich Lezat di Kota Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)