Wow! Koperasi di Kabupaten Mojokerto Raup Omzet Rp 1 M

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Kamis, 07 Apr 2022 10:01 WIB
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati
Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim
Kabupaten Mojokerto -

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati meresmikan gedung Koperasi Wanita (Kopwan) Bina Mandiri di Jalan A Yani, Desa Pohkecik, Dlanggu. Ikfina mengapresiasi kesuksesan Kopwan ini karena omzetnya sudah menembus Rp 1 miliar.

Peresmian gedung Kopwan Bina Mandiri ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita oleh Bupati Ikfina. Orang nomor satu di Pemkab Mojokerto ini juga menandatangani prasasti peresmian gedung tersebut.

Usai gedungnya diresmikan, Kopwan Bina Mandiri menggelar rapat anggota tahunan (RAT) Tahun 2021. Koperasi ini mengantongi sertifikat pemeringkatan koperasi dengan predikat berkualitas.

Berawal dari dana hibah dari Pemprov Jatim Rp 25 juta pada 2009 dan 2011, omzet Kopwan Bina Mandiri saat ini mencapai Rp 1 miliar. Ini membuktikan koperasi tersebut menjadi pusat pergerakan ekonomi masyarakat.

Ikfina pun mengapresiasi kesuksesan Kopwan Bina Mandiri. Selain omzetnya yang fantastis, koperasi ini mampu membangun gedung sendiri untuk memudahkan anggotanya dan menunjang kinerja koperasi tersebut.

"Ini luar biasa dan ini hasil kerja keras bapak ibu. Tidak cukup kerja keras, tetapi juga kerja sama. Karena ini adalah koperasi bukan usaha milik pribadi," kata Ikfina di lokasi, Rabu (6/4/2022).

Kerja sama anggota dengan pengurus yang baik dalam simpan pinjam, lanjut Ikfina, menjadi salah satu kunci kesuksesan koperasi. Begitu juga di Kopwan Bina Mandiri. Sehingga kas atau pendapatan koperasi terus mengalir.

"Yang bisa memberikan kas itu adalah karena anggotanya ini menyimpan uangnya di koperasi. Terlebih lagi mereka mau pinjam dan kemudian mengembalikan tepat waktu. Di situlah koperasi bisa berkembang," terangnya.

Pada kesempatan itu, Ikfina juga menceritakan sejarah singkat koperasi. Menurutnya, koperasi yang berdiri sejak era reformasi menjadi lembaga ekonomi kebanggaan Bangsa Indonesia.

"Karena koperasi digagas Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta terkait dengan koperasi. Semuanya ini menemukan moda untuk dikelola bersama, kemudian keuntungannya dibagi bersama. Sehingga bekerja keras bersama-sama untuk kepentingan bersama," jelasnya.

Bupati perempuan pertama di Mojokerto ini berharap Kopwan Bina Mandiri berkembang lebih pesat lagi. Sedangkan koperasi yang lain di Bumi Majapahit setidaknya bisa meniru koperasi ini agar mencapai kesuksesan yang sama. Sehingga membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi imbas pandemi COVID-19.

"Saya mengucapkan terima kasih karena sudah berjuang keras untuk selama ini. Sehingga kita bisa melihat secara nyata aset yang dimiliki oleh koperasi. Mudah-mudahan bisa menjadi bibit yang bermanfaat," tandas Ikfina.



Simak Video "Koperasi di Tasikmalaya Diserbu Warga, Pegawai Sampai Pingsan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)