Ridwan Kamil Ziarah ke Makam Pendiri NU di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 19:16 WIB
ridwan kamil sowan ke ponpes tebuireng
Ridwan Kamil nyekar ke makam Gus Dur (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Dalam lawatannya di Jatim, Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) menyempatkan dirinya berziarah ke makam pendiri NU di Jombang. Selain menyambung tali sejarah, ia juga mendoakan almarhum Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

Gubernur yang juga akrab disapa Kang Emil itu tiba di Ponpes Tebuireng, Diwek, Jombang sekitar pukul 14.00 WIB. Kedatangannya bersama rombongan disambut Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin dan Forpimda Jombang. Mereka lebih dulu masuk ke Ndalem Kasepuhan di sebelah masjid pesantren.

Dari Ndalem Kasepuhan, mereka menunju ke makam keluarga Ponpes Tebuireng di belakang masjid. RK berziarah ke makam tokoh pendiri NU sekaligus pendiri Ponpes Tebuireng, KH Hasyim Asy'ari, makam Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan makam Gus Solah.

ridwan kamil sowan ke ponpes tebuirengRidwan Kamil nyekar ke makam Gus Solah (Foto: Enggran Eko Budianto)

Setelah menaburkan bunga ke makam tiga tokoh nasional tersebut, RK kembali berdoa di makam Gus Solah. "Saya ada hubungan pribadi dengan almarhum Gus Salahuddin Wahid. Barusan rada terharu karena tidak sempat hadir dalam pemakamannya," kata RK kepada wartawan di lokasi, Jumat (21/1/2022).

RK menjelaskan dalam lawatannya kali ini, ia menjalin kerja sama dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Kamis (20/1). Menurutnya, kerja sama tersebut terkait perdagangan dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di tengah kunjungan kerjanya tersebut, ia menyempatkan diri berziarah ke tokoh pendiri NU.

"Nah, setelah itu (menjalin kerja sama dengan Pemprov Jatim), tentulah saya mau mengunjungi dan ziarah ke sejarah asal usul Nahdlatul Ulama di mana saya juga kan bagian dari pesantren NU di Jawa Barat, kakek saya juga pengurus dan panglima Hizbullah pada zamannya. Menyambungkan tali sejarah itu penting, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah," terangnya.

ridwan kamil sowan ke ponpes tebuirengRidwan Kamil bertemu dengan pengasuh Ponpes Tebuireng (Foto: Enggran Eko Budianto)

RK berharap catatan sejarah tentang peran NU dalam kemerdekaan RI agar tidak dihilangkan dari pendidikan formal di Indonesia. Menurutnya, NU harus tetap menjadi obor dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Termasuk ada inspirasi di Jatim tingginya ekonomi ziarah, ekonomi religius ini ada PKL-nya, ada apanya sedang kami kaji supaya tertib dan menghasilkan kekuatan ekonomi," tandas RK.



Simak Video "Ridwan Kamil soal Partai Pilihannya: Lagi Istikharah"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)