Soal Kursi Ketua Demokrat Jatim, Emil Dardak Serahkan Keputusan Akhir ke DPP

Faiq Azmi - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 01:01 WIB
musda demokrat jatim
Emil Dardak mendapat 14 dukungan (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Emil Elestianto Dardak menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada DPP terkait siapa yang akan mengisi kursi Ketua DPD Demokrat Jatim. Emil mengaku siap mengikuti fit and proper test.

"Alhamdulillah Musda Demokrat Jatim berjalan lancar. Memang Demokrat punya satu format yang seksama untuk memilih calon pemimpinnya yang dirumuskan oleh Pak Ketum Agus Harimurti Yudhoyono, yaitu fit and proper test, saya siap," kata Emil kepada wartawan usai Musda Partai Demokrat Jatim VI di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (20/1/2022).

Wagub Jatim ini menyebut seluruh keputusan akhir Musda Demokrat ada di tangan Ketum AHY. Emil akan menerima segala keputusan dari Ketum untuk menentukan Ketua Demokrat Jatim.

"Dan seiring berjalannya waktu saya menangkap adanya hal positif dari interaksi rekan-rekan di DPC, tentang bagaimana membangun bangsa ini ke depannya. Dalam proses Musda di mana disebut fit and proper test ini yang mendorong saya, saya merasa tersentuh juga dengan apresiasi DPC," katanya.

"Mereka meyakini bahwa kewenangan dari Ketum untuk fit and proper test akan memberikan hasil paling maksimal dalam menentukan kepemimpinan partai, dan apapun hasilnya kita menghargai. Ini sudah berjalan, dan saya akan mengikuti tahap selanjutnya dengan sebaik-baiknya. Tapi tugas saya sebagai Wagub akan dilakukan sebaik-baiknya," lanjutnya.

Emil juga mengapresiasi proses fit and proper test dalam menentukan jabatan ketua partai. Teknis ini bisa membuat proses pemilihan ketua menghasilkan pemimpin terbaik.

"Fit and proper test bagaimana ke depannya proses pemilihan ketua partai dalam parameter yang tepat. Parameter yang mencerminkan kualitas, bukan kuantitas," tegasnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, Demokrat Jatim akan kembali menjadi satu dan solid. "Saya dan Mas Bayu akan mengedepankan kebesaran hati kita. Fokus keguyuban kita berjalan, dan semua keputusan di Ketum," pungkasnya.

Diketahui, Bayu Airlangga meraih 25 dukungan DPC dari 38 DPC di Jatim. Sementara, Emil meraih 13 dukungan DPC, dan satu dukungan DPD di Musda Demokrat Jatim. Secara total Bayu meraih 25 dukungan, dan Emil meraih 14 dukungan.



Simak Video "Saksi Mata Cerita soal Perosotan Kenpark Surabaya Ambrol"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)