6.997 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak Demak Besok!

6.997 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak Demak Besok!

Moch Saifudin - detikJateng
Sabtu, 15 Okt 2022 21:38 WIB
Ribuan personel gabungan siap amankan Pilkades serentak di Dema, Minggu (16/10).
Ribuan personel gabungan siap amankan Pilkades serentak di Dema, Minggu (16/10). Foto: Dok Polres Demak.
Demak -

Sebanyak 6.997 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan unsur lainnya akan diterjunkan untuk mengamankan jalannya Pilkades serentak yang di Demak akan digelar Minggu (16/10/2022). Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono juga menginstruksikan agar petugas tidak segan-segan menindak tegas bagi setiap yang melakukan kericuhan atau mengganggu jalannya Pilkades.

"Tentunya akan sikap tegas, sesuai peraturan yang sudah tertera bila nantinya ada warga masyarakat yang akan mengganggu terkait dengan tahapan Pilkades di Kabupaten Demak," kata Budi, Sabtu (15/10/2022).

Budi menjelaskan, pemungutan suara yang dilakukan pada hari Minggu (16/10) akan dilaksanakan di 182 Desa dengan jumlah petugas pengamanan sebanyak 6.997 personel gabungan.


"Polres Demak mempunyai tanggungjawab dalam mengamankan proses Pilkades serentak di Kabupaten Demak. Bersama TNI, stakeholder, pemerintah daerah dan masyarakat, mari bersinergi untuk mewujudkan Pilkades yang aman, jujur, adil dan demokratis," ungkapnya.

Dari pengamatan Satuan Intelkam Polres Demak di lapangan, lanjutnya, ada belasan desa yang dikategorikan rawan konflik dalam Pilkades Kabupaten Demak. Beberapa skema pengamanan pun telah siap dijalankan untuk mengantisipasi terjadinya konflik.

"Ada tiga level, pertama kurang rawan atau aman, terus rawan dan sangat rawan. Ini ada komposisinya terkait nanti personel yang mengawal. Baik dari TNI, Polri, maupun dari Limas," ujarnya.

Budi menambahkan, untuk satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) kategori desa kurang rawan akan ditempatkan satu personel Polri, satu personel TNI dan 30 Linmas. Sedangkan kategori desa rawan satu TPS akan menggunakan komposisi 2 personel Polri, 1 personel TNI, dan 30 Linmas.

"Untuk level sangat rawan Kami tempatkan 3 personel Polri, 2 personel TNI, dan 40 Linmas. Bergabung nanti dalam skema yang baru nanti kita juga libatkan Satpol PP," pungkasnya.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/apl)