wara wara

Catat! Ada Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong Akhir Pekan Ini

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Kamis, 22 Sep 2022 17:12 WIB
Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong, Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul Sabtu (24/9/2022).
Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong, Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (24/9/2022). Foto: dok. Dinas Pariwisata Gunungkidul
Gunungkidul -

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, DIY, menggelar Gunungkidul Tourism Fest 2022, Sabtu (24/9) akhir pekan nanti. Acara bakal digelar di Watu Gendong, Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul M Arif Aldian menjelaskan Gunungkidul Tourism Fest digelar untuk memperingati Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada tanggal 27 September. Gelaran tersebut menampilkan kesenian tradisional, peragaan kain batik oleh Dimas Diajeng Gunungkidul, demo pembuatan kain batik oleh pembatik cilik, dan penampilan band lokal.

"Ada pula pertunjukan reog pukul 15.00 WIB, dan juga kontes fotografi on the spot," kata Arif kepada wartawan di Gunungkidul, Kamis (22/9/2022).


Arif menjelaskan untuk tata cara lomba fotografi yaitu semua foto wajib diambil peserta di area Watu Gendong pada hari Sabtu (24/9) mulai pukul 00.01-18.00 WIB. Selain itu, peserta wajib mengunggah hasil fotonya ke akun Instagram pribadi dan tidak diprivat.

Kemudian, peserta wajib mengikuti akun Instagram @pariwisata_gunungkidul dan @gunungkidulphotography. Selain itu beri caption menarik tentang Watu Gendong atau Pariwisata Gunungkidul dan menggunakan tagar #watugendong, #gunungkidultourismfest2022, dan #pariwisatagunungkidul.

"Batas upload tanggal 24 September pukul 18.00 WIB. Pemenang akan langsung diumumkan Sabtu malam saat event Gunungkidul Tourism Fest 2022," ucapnya.

Untuk hadiah, juara 1 mendapatkan uang Rp 1 juta dan action camera, juara 2 mendapatkan Rp 750 ribu dan polaroid camera. Sedangkan juara 3 mendapatkan Rp 500 ribu dan smart watch, serta ada pula juara favorit.

Arif mengungkapkan Gunungkidul Tourism Fest 2022 bertujuan memperkenalkan objek wisata Gunungkidul bagian utara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Apalagi saat ini kunjungan wisata sudah mulai membaik setelah melandainya jumlah kasus COVID-19.

"Kenapa dipilih Watu Gendong? Karena sebagai ajang mempromosikan destinasi wisata di sektor utara atau timur wilayah Gunungkidul," ujarnya.

Mengingat saat ini terdapat pergeseran tren dari wisata mass tourism ke wisata minat khusus. Di mana salah satunya Desa Wisata.

"Sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitar dan memberikan wadah bagi desa wisata untuk menampilkan potensi yang dimiliki," imbuhnya.

[Pembaca detikJateng dapat berbagi informasi yang sekiranya perlu untuk diketahui khalayak luas melalui platform wara-wara ini. Informasi bisa dikirim melalui email: infojateng@detik.com]



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)