Meresapi Heningnya Full Moon Meditation di Candi Borobudur

Meresapi Heningnya Full Moon Meditation di Candi Borobudur

Eko Susanto - detikJateng
Sabtu, 17 Sep 2022 20:38 WIB
Full moon meditation di Manohara Kompleks Candi Borobudur, Sabtu (17/9/2022).
Full moon meditation di Manohara Kompleks Candi Borobudur, Sabtu (17/9/2022). Foto: dok. TWC
Magelang -

Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) menyelenggarakan acara full moon meditation di Manohara Kompleks Candi Borobudur, Sabtu (17/9/2022). Meditasi itu berlaku universal alias tak memandang latar agama para pesertanya.

Meditasi di sekitar Manohara, kompleks Candi Borobudur, itu diikuti sejumlah orang dari Jakarta, Tangerang, Jogja, dan lain-lain.

Dalam meditasi ini juga dilakukan penyalaan lilin dalam konfigurasi full moon yang di tengahnya diberi bola kristal sebagai perlambang bulan.

Ketua Umum MBMI, Agus Jaya, mengatakan kegiatan full moon meditation ini baru pertama kali dilaksanakan di Candi Borobudur.

"Full moon meditation jadi program uji coba. Peserta ada 41 peserta yang dari berbagai kalangan dan kita tidak melihat agamanya. Kita membuat program ini universal sekali," kata Agus kepada wartawan di lokasi, Sabtu (17/9/2022).

Agus berharap, ke depannya full moon meditation juga bisa diikuti para turis mancanegara. "Kita pinginnya full moon meditation ini bisa datangin dari mancanegara biar sebagai pendapatan devisa negara. Ini dipimpin Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia," tuturnya.

Menurut Agus, meditasi saat bulan purnama penuh bisa menghadirkan ketenangan batin dan energi positif.

"Meditasi full moon itu ada maknanya. Maknanya di saat bulan purnama kita melakukan ketenangan batin, di mana di purnama itu ketenangan batin mendapatkan suatu yang energi positif buat kita. Baik untuk kesehatan, maupun kemudahan-kemudahan yang kita inginkan," pungkasnya.




Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)