Sandiaga Klaim Harga Tiket Pesawat Berangsur Turun Seiring Bertambahnya Kursi

Sandiaga Klaim Harga Tiket Pesawat Berangsur Turun Seiring Bertambahnya Kursi

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Rabu, 31 Agu 2022 15:33 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di Pantai Indrayanti, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (31/8/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno di Pantai Indrayanti, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (31/8/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Gunungkidul -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mengklaim terus berupaya untuk membantu menurunkan beban wisatawan akan melonjaknya tiket pesawat. Salah satunya dengan memberikan paket wisata kepada penumpang pesawat dengan tujuan wisata.

"Jadi yang tiket pesawat secara berangsur akan kita turunkan dengan penambahan jumlah pesawat dan penambahan jumlah kursi. Mohon teman-teman ikut berkolaborasi, kami apresiasi kerja keras Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN," kata Sandiaga kepada wartawan di Pantai Indrayanti, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (31/8/2022).

Sandiaga menyebut, salah satu cara mengurangi beban biaya perjalanan wisatawan dengan memberikan paket perjalanan di objek wisata (obwis). Menurutnya, hal itu akan efektif dan membuat wisatawan tidak mengurungkan niatnya untuk melancong.


"Dan kami akan memfasilitasi dengan paket tour yang bisa untuk sedikit menurunkan beban biaya perjalanan yang diakibatkan tingginya tiket pesawat," ujarnya.

Selain itu, Sandiaga menyebut pemilihan obwis juga bisa menekan biaya perjalanan wisatawan. Sandiaga mencontohkan wisatawan bisa mengunjungi desa wisata.

"Salah satunya ke desa wisata kan tidak buat kantong kering, tidak bikin kepala pening kita bisa healing dan refreshing dan juga benerin feeling," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang melakukan sejumlah upaya agar harga tiket pesawat yang mahal bisa turun. Hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Budi Karya menjelaskan ada tiga upaya yang sedang dilakukan untuk menekan harga tiket pesawat. Pertama meminta maskapai penerbangan melakukan upaya efisiensi dan inovasi untuk mengelola harga tiket pesawat lebih terjangkau.

"Kita mengajak semua airlines untuk mengevaluasi diri dengan melakukan efisiensi dan melakukan inovasi agar mereka bisa melakukan upaya sehingga tarif yang diberikan pada masyarakat lebih rendah," ujarnya.

Kedua, melakukan upaya bersama antara pemda dan maskapai serta penumpang untuk memaksimalkan keterisian penumpang di waktu-waktu tertentu.

"Kalau hari Selasa sama Kamis orang itu tidak bepergian, juga tengah hari tidak bepergian padahal kalau itu dipromosikan dengan diskon dan sebagainya banyak orang yang bepergian. Untuk kepentingan keluarga kan nggak mesti Sabtu-Minggu, atau untuk kepentingan kantor bisa dilakukan tengah hari," bebernya.



Simak Video "2 Korban Tewas Longsor Gunungkidul Ditemukan, Tertimbun Belasan Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/apl)