Fashion Show Unik di Kulon Progo, Diarak VW Klasik-Bajaj Keliling Desa

Fashion Show Unik di Kulon Progo, Diarak VW Klasik-Bajaj Keliling Desa

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Sabtu, 27 Agu 2022 17:34 WIB
Kulon Progo -

Ada fashion show unik di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (27/8/2022). Para model dalam fashion show itu diarak keliling pedesaan menggunakan VW klasik laiknya karnaval.

Fashion show ini diselenggarakan oleh La Barka, sebuah restoran di Kalurahan Wijimulyo, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo. Lokasi catwalk berada di tepi Sungai Progo yang masuk area restoran tersebut.

Uniknya, sebelum pentas, para model yang sudah berbusana nuansa merah putih itu terlebih dulu diarak menggunakan VW klasik serta bajaj. Rutenya mulai dari Omah Cantrik, melewati permukiman penduduk, saluran irigasi, area persawahan, hingga akhirnya tiba di lokasi.


Pengelola La Barka, Aji Ronowijoyo, mengatakan acara bertajuk La Barka Fashion Walk ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-77.

Para model saat berkeliling dengan VW dan bajai di kawasan Nanggulan, Kulon Progo, DIY, Sabtu (27/8/2022).Para model saat berkeliling dengan VW dan bajai di kawasan Nanggulan, Kulon Progo, DIY, Sabtu (27/8/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara / detikJateng

"Pawai VW ini untuk menunjukkan bahwa Kemerdekaan RI yang ke-77 patut disyukuri, apalagi setelah sekian tahun kita tidak merasakan euforia merayakan kemerdekaan RI," ucapnya saat ditemui di sela-sela acara.

"Pada kesempatan ini kita pawai VW Omah Cantrik kepada peserta-peserta agar aura atau kebahagiaan perayaan ini bisa juga dirasakan masyarakat yang melihatnya ," imbuhnya.

Ada puluhan peserta dalam fashion show ini. Dari berbagai latar belakang, mereka menunjukkan keluwesannya berlenggak lenggok di atas runway catwalk dengan kebaya Jawa, batik, seragam sekolah, hingga kostum barongsai.

Aji mengatakan, kegiatan ini bakal menjadi agenda tahunan untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia.

"Rencananya akan kita agendakan setiap tahun untuk perayaan Agustusan dan untuk masyarakat. Sabar menunggu, tahun depan kita adakan Fashion Walk kembali La Barka di 2023," ucapnya.

Salah satu peserta, Hera, mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan ini. "Tadi sempat keliling pakai VW, seru, muter-muter. Setelah itu kita ke sini, ikut acara fashion show ini," ujarnya.

Bagi Hera, kegiatan ini jadi semacam pelipur setelah dua tahun tidak ada perayaan HUT RI karena imbas pandemi COVID-19.

Senada disampaikan peserta lain, Alfi Nurul Aisyah. Baginya ini merupakan kegiatan positif yang perlu menjadi agenda rutin tahunan. Apalagi tema yang diangkat adalah warisan budaya Nusantara, salah satunya batik.

(dil/aku)