Klotak-klotak! Hujan Es Sekelereng Terjadi di Demak Sore Tadi

Mochamad Saifudin - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 20:36 WIB
Hujan es terjadi di Demak, Sabtu (13/8/2022).
Hujan es terjadi di Demak, Sabtu (13/8/2022). Foto: Dok Pemdes Baleromo Hamzah.
Demak -

Hujan es sebesar kelereng terjadi di Demak sore ini. Terjadinya hujan es itu juga sempat direkam oleh salah seorang warga dan diunggah di media sosial instagram @infokejadiandemak.

Video tersebut pun viral dan sudah ditonton ribuan kali dan mendapatkan banyak komentar dari warganet.

"Peristiwa langka lur, terjadi hujan es di Baleromo Dempet. Tempatmu piye lur, udan (hujan)?," tulis caption dalam postingan tersebut seperti dilihat detikJateng, Sabtu (13/8/2022).


Perekam video hujan es itu, Rifan Luthfi, mengatakan bahwa kejadian hujan es tersebut terjadi di Desa Baleromo. Tepatnya di Dukuh Winong, RT 2 RW 3 sekitar pukul 15.00 WIB. Ia menyebut hujan es terjadi disertai angin kencang.

"Di depan rumah, sekitar jam 15.00 WIB. Iya, saya yang merekam. Iya yang lantai keramik biru. Gak sempet lama videonya, karena sempet panik kejadian langka. Di samping itu angin kenceng juga," ujar Rifan saat dimintai konfirmasi detikJateng via telepon.

Ia menyebut hujan es juga terjadi di tetangga desanya dengan ukuran sebesar kelereng.

Hujan es terjadi di Demak, Sabtu (13/8/2022).Hujan es terjadi di Demak, Sabtu (13/8/2022). Foto: Dok Pemdes Baleromo Hamzah

"Dari tetangga desa juga hujan es, nggak cuma di Baleromo. Itu sebesar kelereng, agak kecil, cuman di genteng dirasakan klotak-klotak gitu," ujarnya.

"Banyak warga juga yang menyaksikan. Iya tetangga desa juga ada, kan pada bikin story WA, jadi sama-sama ngerti. Berarti di sana juga ada hujan es. Kalau ini paling pohon-pohon pisang yang pada roboh," sambungnya.

Kasi Pemerintahan Desa Baleromo, Hamzah membenarkan hujan es terjadi di Desa Baleromo, Kecamatan Dempet, sekitar pukul 15.00 WIB. Ia turut mengambil foto kejadian tersebut. Ia menyebut belum ada dampak serius akibat kejadian tersebut.

"Iya, Baleromo RT 2 RW 3 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak jam 15.00 WIB. Sampai saat ini belum ada laporan dari warga ke Pemdes setempat (terkait dampak hujan es)," terang Hamzah.

"Karna sampai detik ini keadaan masih ujan," sambungnya saat dikonfirmasi sekitar pukul 19.10 WIB.



Simak Video "Penampakan Hujan Es yang Terjang Banjarnegara"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/dil)