Seru-seruan Naik Wahana 'Jurassic Park' di Potorono Edu Park Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Senin, 08 Agu 2022 17:16 WIB
Potorono Edu Park, Kapanewon Banguntapan, Bantul, suguhkan wahana bak Jurassic Park. Foto diambil Senin (8/8/2022).
Potorono Edu Park, Kapanewon Banguntapan, Bantul, suguhkan wahana bak Jurassic Park. Foto diambil Senin (8/8/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Bantul -

Kabupaten Bantul memiliki objek wisata baru yang menawarkan sensasi bak film Jurassic Park bernama Potorono Edu Park atau yang dikenal masyarakat Taman Dinosaurus Potorono. Di lokasi tersebut pengunjung bisa menaiki dino walking baik dengan penggerak pedal kayuh maupun penggerak listrik.

Potorono Edu Park berada di dekat embung Potorono, Pedukuhan Salakan, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. Berjarak sekitar 12 kilometer dari jantung Kota Jogja.

Pantauan detikJateng di lokasi, tampak replika tyrannosaurus berukuran raksasa menyambut pengunjung. Selain itu tampak beberapa orang tua tengah mendampingi anaknya untuk menunggangi dino walking menyerupai dokar dengan penggerak pedal kayuh dan roda. Tak hanya itu, beberapa pengunjung tampak menunggangi dino walking dengan penggerak listrik.


Pengelola Potorono Edu Park, Nur Basuki, mengatakan munculnya ide objek wisata tersebut bermula dari keberadaan bengkel pembuatan animatronik dinosaurus dan dino walking di wilayah Banguntapan. Maraknya anak-anak yang mendatangi tempat tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk membuat wahana bermain dengan tema dinosaurus di kawasan embung Potorono.

"Wahana ini masih tergolong baru, karena baru buka 5 Mei 2022. Untuk pengelolanya dari BUMKal Mekaring Pono milik Kalurahan Potorono," kata Nur kepada detikJateng, Senin (8/8/2022).

Potorono Edu Park, Kapanewon Banguntapan, Bantul, suguhkan wahana bak Jurassic Park. Foto diambil Senin (8/8/2022).Potorono Edu Park, Kapanewon Banguntapan, Bantul, suguhkan wahana bak Jurassic Park. Foto diambil Senin (8/8/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Menurutnya, di Taman Dinosaurus Potorono menawarkan replika dinosaurus berukuran raksasa. Sedangkan dino walking menyerupai dokar ada enam unit.

"Untuk replika dinosaurus di depan itu tingginya 6,5 meter, panjang 8 meter dan lebar 2,5 meter. Sementara untuk dokar dinosaurusnya ada enam dan koleksi patung Dinosaurus ada lima," ujarnya.

Nur menyebut animo masyarakat terbilang tinggi. Banyak orang tua yang mengantar anaknya untuk menikmati beragam wahana yang disediakan.

"Animo masyarakat untuk merasakan sensasi melihat dan menaiki dinosaurus di Taman Dinosaurus Potorono cukup tinggi. Hari biasa paling 50 sampai 100 pengunjung, kalau akhir pekan bisa 100 pengunjung lebih setiap harinya," ucapnya.

Potorono Edu Park, Kapanewon Banguntapan, Bantul, suguhkan wahana bak Jurassic Park. Foto diambil Senin (8/8/2022).Potorono Edu Park, Kapanewon Banguntapan, Bantul, suguhkan wahana bak Jurassic Park. Foto diambil Senin (8/8/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Untuk masuk ke taman tersebut belum dikenakan biaya. Pengelola, kata Nur, hanya menarik biaya untuk menaiki wahana dino walking berbentuk dokar.

"Untuk tiket masuk sementara masih gratis. Kalau ingin naik wahana dinosaurus dan mini trail dikenakan biaya dari Rp 10 ribu saja," katanya.

Wahana di Potorono Edu Park beroperasional setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.30 WIB. Sedangkan saat akhir pekan wahana tersebut buka dari pukul 08.00 hingga malam hari.



Simak Video "Horor Mobil Tabrak 10 Motor di Bantul gegara Pengendara Coba Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)