7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Salah Satunya di Jawa Tengah

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 02 Agu 2022 16:19 WIB
Gunung Slamet.
Gunung Slamet, gunung tertinggi di Indonesia yang ketujuh. Foto: Vandi Romadhon/detikJateng
Solo -

Gunung tertinggi di Indonesia ialah Cartenz Pyramid yang juga dikenal dengan nama Puncak Jaya. Menurut laman resmi Kementerian ESDM, Cartenz Pyramid ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain Cartenz Pyramid, berikut daftar gunung tertinggi di Indonesia, lima di antaranya ada di Pulau Jawa.

7 Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Cartenz Pyramid (4.884 mdpl)

Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama ini berada Pegunungan Jayawijaya, Provinsi Papua. Dalam laman esdm.go.id dijelaskan Cartenz Pyramid merupakan salah satu pegunungan kars yang unik di dunia.

Gunung tertinggi di Indonesia ini juga termasuk satu dari lima tempat di di khatulistiwa yang diselimuti salju. Selain Cartenz Pyramid atau Puncak Jaya, empat tempat lainnya adalah Sierra Nevada di Andes, Gunung Kenya, Gunung Kilimanjaro, dan Ruwenzori di Afrika.


2. Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Gunung tertinggi di Indonesia kedua ialah Gunung Kerinci. Gunung yang berada di perbatasan antara Kerinci (Provinsi Jambi), dengan Kabupaten Solok Selatan di Pegunungan Bukit Barisan (Provinsi Sumatra Barat) ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Menurut laman Badan Geologi Kementerian ESDM, gunung tertinggi di Indonesia kedua ini juga punya beberapa nama sebutan lain, yaitu Puncak Indrapura, Gunung Gadang, Berapi Kurinci, dan Korinci.

3. Gunung Rinjani (3.762 mdpl)

Gunung tertinggi di Indonesia ketiga ialah Gunung Rinjani. Gunung di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini ketinggiannya mencapai 3.762 mdpl. Gunung Rinjani juga punya padang rumput yang luas, air terjun, danau, dan hutan tropis. Maka itu Gunung Rinjani termasuk destinasi favorit bagi para pendaki dari berbagai penjuru dunia.

4. Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung tertinggi di Indonesia ketiga ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Puncak Gunung Semeru disebut Puncak Mahameru, ketinggiannya mencapai 3.676 mdpl.

Menurut Badan Geologi ESDM, Gunung Semeru termasuk gunung berapi yang memiliki kawah bernama Jonggring Seloko. Gunung tertinggi di Jawa ini yang menjadi favorit para pendaki ini dapat ditempuh dari Surabaya dengan waktu sekitar 5-6 jam.

5. Gunung Sanggar (3.564 mdpl)

Gunung tertinggi di Indonesia yang kelima ini berada di Nusa Tenggara Barat. Puncaknya memiliki ketinggian 3.564 mdpl. Meski juga menawarkan panorama yang indah, Gunung Sanggar tak sepopuler gunung lain di sekitarnya, seperti Gunung Tambora, Rinjani, Kelimutu, dan lain-lain.

6. Gunung Latimojong (3.478 mdpl)

Gunung tertinggi di Indonesia keenam ini berada di tengah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung yang juga dikenal dengan nama Bulu Rantemario ini ketinggiannya mencapai 3.478 mdpl. Dari Kota Makassar, kaki Gunung Latimojong dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 10 jam.

7. Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung tertinggi di Indonesia ketujuh ini berada di Jawa Tengah. Gunung yang diapit lima kabupaten, yaitu Banyumas, Purbalingga, Brebes, Tegal dan Pemalang, ini memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Gunung Slamet menurut Badan Geologi ESDM juga termasuk gunungapi. Terakhir kali mengalami erupsi pada 1988, 2009, dan 2014.



Simak Video "Dibawa Orang Tuanya Naik Gunung Soputan, Balita Alami Hipotermia"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)