Borobudur Tourism Expo 2022 Bakal Digelar Oktober

Eko Susanto - detikJateng
Selasa, 24 Mei 2022 03:34 WIB
Jumpa pers event Borobudur Tourism Expo yang bakal digelar 14.16 Oktober 2022
Jumpa pers event Borobudur Tourism Expo yang bakal digelar 14.16 Oktober 2022 (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Magelang -

Borobudur Tourism Expo (BTE) 2022 akan digelar 14-16 Oktober 2022, mendatang. Acara ini bakal diikuti para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bakal memamerkan produk unggulannya hingga asosiasi biro perjalanan wisata.

Acara Borobudur Tourism Expo ini bakal digelar selama 4 hari di Grand Artos Magelang. Penyelenggara event ini yakni Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Tengah yang menggandeng RajaMICE Indonesia.

"Pasca-Lebaran kemarin memberi sebuah pandangan kepada kita bahwa kita memiliki sebuah industri yang besar, industri pariwisata. Kebetulan Joglosemar itu selain ada satu destinasi super prioritas yaitu Borobudur yang jadi program pemerintah dan juga lumbung pariwisata secara nasional khusus di Pulau Jawa," kata CEO RajaMICE, Panca R Sarungu saat jumpa pers di Grand Artos Magelang, Senin (23/5/2022).

Panca mengatakan event Borobudur Tourism Expo ini diharapkan bisa menjembatani para pelaku usaha dengan pembeli asing. Sehingga diharapkan bisa mendongkrak potensi ekonomi yang sempat lesu akibat pandemi COVID-19.

"Jadi yang mempertemukan antara pihak penjual atau seller dan pembelinya adalah buyer. Buyer-buyernya adalah tadi disampaikan ada travel agent luar negeri, ada juga korporasi serta juga instansi pemerintah," terang dia.

"Yang unik dari kegiatan ini adalah memang lain dari buyernya. Ini memang kegiatan yang non-APBD dan non-APBN dan ini diapresiasi sekali oleh pemerintah baik oleh Dinas Pariwisata Jawa Tengah yang kemarin kita hadir. Kami melaporkan juga ke Pak Sandiaga Uno (Menparekraf). Beliau juga sangat mendukung kegiatan kita ini," sambung dia.

Panca menyebut gelaran event ini digelar berdekatan dengan event ITB Asia atau pameran travel Asia di Singapura. Acara tersebut digelar pada 19-21 Oktober 2022.

"Event ini satu-satunya juga event yang mengantisipasi event terbesar di dunia yang diadakan di Singapura namanya ITB Asia," tuturnya.

Sementara itu, Ketua BPPD Jawa Tengah, Sugeng Sugiantoro mengatakan acara ini merupakan event pertama setelah acara Borobudur Travel Mart and Expo (BTMX) yang vakum gegara pandemi. Dia berharap masyarakat bisa ikut menyemarakkan acara ini.

"Karena event pertama, saya betul-betul mohon kalau value terasa di masyarakat, harga tidak jauh beda (BTMX) bahkan sama, ada diskon lagi. Tapi impact kegiatan ada empat, dua travel market dan travel expo, duanya di expo UMKM plus seminar," ujar Sugeng.



Simak Video "Resik-resik Candi Borobudur untuk Peringati Hari Purbakala"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)