Ajang Lomba Lari Wisata 5K di Kendal Pamerkan Trek Perbukitan

Saktyo Dimas R - detikJateng
Minggu, 22 Mei 2022 17:20 WIB
Seorang peserta lari wisata 5K melintas di wilayah perbukitan di Kendal, Minggu (22/5/2022).
Seorang peserta lari wisata 5K melintas di wilayah perbukitan di Kendal, Minggu (22/5/2022). Foto: Saktyo Dimas R/detikJateng
Kendal -

Ratusan pelari dari berbagai daerah mengikuti lomba lari wisata 5 kilometer di kawasan Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kendal. Penyelenggara memamerkan trek lari di perbukitan dalam kegiatan tersebut.

Penyelenggara lomba lari dari tempat wisata Omah'e Opa ini mengambil rute yang menantang dengan tanjakan dan turunan sekitar objek wisata ini. Rute jalan yang menanjak menjadi rute terberat yang dilintasi para pelari.

"Jalan yang menanjak tajam dan menurun tentunya menjadi tantangan berat bagi pelari," kata penyelenggara acara, Utomo Djohari Soepadmo kepada awak media, Minggu (22/5/2022).

Menurut Utomo, kegiatan itu digelar untuk mengenalkan destinasi wisata di Kabupaten Kendal. Selain itu, acara juga digelar sebagai bentuk peresmian tempat wisata yang dikelolanya.

"Yang unik dari event lari ini karena lokasinya di pedesaan dan bukit sekaligus sebagai ajang prestasi olahraga," kata Utomo.

Dia berjanji akan menyelenggarakan acara tersebut secara rutin. Menurutnya, kegiatan itu merupakan penggabungan kegiatan olahraga dengan wisata.

Adapun Bupati Kendal Dico M Ganinduto juga mengharap kegiatan itu bisa digelar secara rutin. Bahkan, dia meminta agar penyelenggaraannya dibuat secara berkala.

"Saya berharap ajang lari ini bisa diselenggarakan tiap tiga bulan sekali, jangan cuma bisa agenda tahunan saja. Kalau benar bisa tiga bulan sekali, Kabupaten Kendal akan lebih dikenal lagi sebagai kabupaten yang mendukung olahraga terutama lari," kata Dico usai membuka acara itu.

Salah satu peserta, Nurhadi mengatakan lomba lari ini sangat menarik dan fantastis karena memiliki jalur trek yang cukup menantang.

"Lomba perdana dengan jalur trek memiliki elevasi saat start langsung dihadapi peserta. Jalur treknya fantastis dan menantang dan senang sekali akhirnya dengan event ini, Kendal bisa mendatangkan pelari pelari dari Kendal dan luar daerah," kata Nurhadi.



Simak Video "Ramai Balap Lari di Bekasi, Peserta Tadinya Pelaku Balap Motor Liar"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)