Gas! Keliling Kampung hingga Hutan Menoreh Naik Mini Jeep, Segini Tarifnya

Gas! Keliling Kampung hingga Hutan Menoreh Naik Mini Jeep, Segini Tarifnya

Eko Susanto - detikJateng
Selasa, 03 Mei 2022 11:22 WIB
Wisata berkeliling Menoreh dengan mini jeep, Magelang, Selasa (3/5/2022).
Wisata berkeliling Menoreh dengan mini jeep, Magelang, Selasa (3/5/2022). (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Magelang -

Tumpeng Menoreh menambah wahana baru berupa mini jeep. Wisatawan dengan mini jeep ini biasa berkeliling di perkampungan maupun hutan sekitar Tumpeng Menoreh.

Adapun mini jeep ini disewakan bagi pengunjung. Sewa mini jeep ini sebesar Rp250 ribu nantinya bisa melewati rute yang telah disediakan.

Pengelola sengaja membuat track yang dibuat khusus untuk mini jeep ini. Adapun mini jeep ini hanya mampu dinaiki 2 orang.


Selain hutan dan perkampungan dengan naik mini jeep ini wisatawan bisa menikmati destinasi wisata yang ada di sekitar Tumpeng Menoreh.

"Wahana wisata trip mini jeep. Dimana (wisatawan) bisa menggunakan mini jeep-mini jeep yang mungil, lucu-lucu ini untuk keliling hutan, keliling kampung menikmati suasana di Gelang Projo (Magelang, Kulon Progo dan Purworejo). Rute sudah kita siapkan sangat safety, track-nya hanya khusus kita buat untuk mini jeep," kata Erix Soekamti, salah satu pengelola Tumpeng Menoreh, Minggu (1/5/2022).

Menurut Erix, jalur sengaja dibikin mampir menuju ke kampung-kampung di sekitar Tumpeng Menoreh. Hal ini dilakukan agar terbangun interaksi wisatawan dengan warga.

"Harapan kami dengan begitu warga juga bisa terpacu kreativitasnya menawarkan sesuatu untuk menahan mereka. Ada wisata edukasi, jadi monggo pinarak, masuk ke kampung, masuk ke rumah diberi wisata edukasi, bikin teh, bikin gula aren, terus diberi atraksi tarian sehingga pengunjung senang bisa menikmati suasana kampung," ujarnya.

Menurutnya setiap sekali ada pengunjung mampir, warga akan mendapat pembagian keuntungan. Kemudian untuk jarak tempuh ada long, short dan medium.

"Jarak tempuh ini sebenarnya kita sudah siapkan ada short, long sama medium. Pengunjung bisa menentukan rutenya hanya diberikan (tanda) kiri, kanan, kiri kanan, sehingga mereka boleh pilih kiri ke kampung, kanan ke hutan, semuanya keputusan ada di pengunjung. Jadi experience akan beda-beda," ujar Erix yang vokalis band Endank Soekamti, itu.

Untuk tarif promo, kata Erix, saat ini dibanderol Rp 250 ribu. Untuk itu, pengunjung bisa menikmati sepuasnya.

"Kelak nanti akan kita update menjadi tarifnya per jamnya Rp250 ribu dan yang menarik 10 jeep ini dibuat oleh Akamsi Gelang Projo sendiri. Jadi ini memang custom by teman-teman Akamsi Gelang Projo. Itu bikin sendiri," ujarnya.

"Jarak tempuh untuk long itu mungkin bisa sampai 6 km, paling panjang itu dan waktu yang digunakan mungkin bisa 2 jam. Karena track-nya ada yang susah, jadi memang ada experience mengemudi yang agak liar gitu," tuturnya.

Salah seorang wisatawan, Riski Wahyu dari Bekasi mengaku baru sekali datang ke Tumpeng Menoreh. Kemudian dia memutuskan untuk menjajal menelusuri Menoreh dengan mini jeep.

"Ini seru banget. Perjalanan nggak susah, asyik banget. Serius asyik," kata Riski.

Hal senada disampaikan pengunjung lainnya, Rahayu yang juga naik mini jeep tersebut.

"Seru, seru pokoknya. Aku dapat pengalaman yang menyenangkan bisa keliling pegunungan. Terus track-nya juga enak nggak terlalu ekstrem," tutup Rahayu.



Simak Video "Ini Tampang Anak yang Bunuh Keluarganya dengan Sianida di Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)