Unik! Resto di Magelang Ini Hanya Bisa Diakses Lewat Lift Sepanjang 100 Meter

Unik! Resto di Magelang Ini Hanya Bisa Diakses Lewat Lift Sepanjang 100 Meter

Eko Susanto - detikJateng
Senin, 02 Mei 2022 15:54 WIB
Sensasi naik lift 100 meter di wahana Tumpeng Ayu di resto Tumpeng Menoreh, Magelang.
Sensasi naik lift 100 meter di wahana Tumpeng Ayu di resto Tumpeng Menoreh, Magelang. (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Kab Magelang -

Resto yang tengah hits di Kabupaten Magelang, Tumpeng Menoreh, menambah wahana baru bernama Tumpeng Ayu. Uniknya, wahana ini hanya bisa diakses pengunjung dengan naik lift sepanjang 100 meter di pegunungan Menoreh Magelang.

Lokasi Tumpeng Menoreh sendiri berada di wilayah Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Sekalipun demikian, untuk mencapai lokasi lebih aman dan nyaman melalui Dekso (Kalibawang), Kulon Progo menuju arah Samigaluh.

Kemudian dari Samigaluh menuju Plono dan naik menuju kebun teh di Nglinggo hingga sampai Tumpeng Menoreh. Sedangkan dari Ngargoretno, Salaman pengunjung bisa menuju lokasi Tumpeng Menoreh dengan naik jip maupun ojek.


Resto ini terletak di perbatasan Kabupaten Kulon Progo, Purworejo dan Magelang. Resto ini menawarkan view yang indah terlebih saat sunrise maupun sunset.

Untuk wahana baru Tumpeng Ayu sendiri berada di bawah Tumpeng Menoreh. Untuk mencapai lokasi Tumpeng Ayu, pengunjung disediakan dengan lift atau kereta. Saat turun maupun naik ini, pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang berada di pegunungan Menoreh.

Sensasi naik lift 100 meter di wahana Tumpeng Ayu di resto Tumpeng Menoreh, Magelang.Sensasi naik lift 100 meter di wahana Tumpeng Ayu di resto Tumpeng Menoreh, Magelang. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Pengelolaan Tumpeng Menoreh maupun Tumpeng Ayu dilakukan kolaborasi antara Bumdes Argo Inten Desa Ngargoretno dengan vokalis Endank Soekamti, Erix Soekamti. Tiket untuk paket liburan ini sebesar Rp 100 ribu.

"Tumpeng Ayu (baru) sebulan. Jadi memang kita siapkan momen Lebaran ini sebagai pembukaan, sebulan kemarin training karyawan," kata Erix kepada detikJateng, Minggu (1/5/2022).

Erix menjelaskan, untuk paket liburan tiket masuk semua sebesar Rp 100 ribu baik Tumpeng Menoreh maupun Tumpeng Ayu. Adapun yang membedakan jika di Tumpeng Menoreh tiket sebesar Rp 100 ribu tersebut mendapatkan voucher makan seharga Rp 50 ribu.

"Kalau tiket Tumpeng Ayu itu Rp 100 ribu, tapi tidak dapat voucher (makan) melainkan dapat dua tiket gratis untuk ke Tumpeng Menoreh ataupun Tumpeng Ayu," tuturnya.

Untuk mencapai Tumpeng Ayu, kata Erix, pengunjung harus menggunakan lift sepanjang 100 meter. Ada dua kereta dengan kapasitas maksimal berkapasitas 4 orang yang disediakan.

"Untuk menuju ke Tumpeng Ayu kita menggunakan kereta atau lift sepanjang 100 meter. 100 meter (turunan) diangkut oleh dua kereta berkapasitas 2 ton, tapi untuk safety kita maksimalkan untuk 4 orang, jadi kereta dibikin kecil biar overspec," ujar Erix.

Tumpeng Ayu, lanjutnya, menawarkan lokasi yang lebih mewah. Sehingga pengunjung akan lebih betah.

"Menunya juga lain. Banyak menu-menu live cooking," tuturnya.

Sensasi naik lift 100 meter di wahana Tumpeng Ayu di resto Tumpeng Menoreh, Magelang.Sensasi naik lift 100 meter di wahana Tumpeng Ayu di resto Tumpeng Menoreh, Magelang. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Sementara itu, salah satu pengunjung Tumpeng Ayu, Marsha mengaku cukup deg-degan menaiki lift sepanjang 100 meter tersebut. Namun indahnya pemandangan membuat rasa takutnya perlahan memudar.

"Kecepatan juga pelan jadi pas turun nggak (takut). Yang takut sambil bisa lihat sekitar juga. Overall, pengalaman naik gondola (lift) oke," ujar Marsha yang berasal dari Jakarta ini.

Marsha datang bersama rombongan dan bermalam di homestay tidak jauh dari Tumpeng Ayu. Kemudian, dirinya memutuskan sekalian mampir untuk melihatnya.

"Tempatnya bagus, walaupun banyak tangga, tapi sebagian dibantu dengan adanya gondola (lift), jadi walaupun capek naik tangga, tapi sebagian sambil istirahat. Jadi bagus sih, dirancang dengan cukup baik menurut saya," pungkasnya.



Simak Video "Kantor Pemkot Magelang Dipasang Papan Nama TNI, Walkot Bilang Begini"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)