Maaf, Pasar Imlek Semawis Semarang Tahun Ini Ditiadakan

Tim detikcom - detikJateng
Kamis, 27 Jan 2022 04:49 WIB
Pasar Imlek di Semarang
Pasar Semawis Semarang (Foto: Johanes Randy)
Jogjakarta -

Pasar Imlek Semawis menjadi salah event tahunan yang dinanti saat perayaan Imlek di Kota Semarang, Jawa Tengah. Namun, tahun ini perayaan Imlek di Pasar Semawis ditiadakan.

"Tahun 2022 ini Pasar Imlek Semawis belum bisa diadakan karena pandemi yang belum tuntas," tulis akun Instagram Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Semarang, @disbudparkotasemarang seperti dikutip detikJateng, Kamis (27/1/2022).

Meski Pasar Imlek ditiadakan, akan ada pemasangan patung shio macan di tugu Jalan Gambiran. Tak hanya pemasangan patung shio macan, akan ada pemasangan seribu lampion oleh Perserikatan Organisasi Tionghoa Indonesia (POR INTI) di kawasan Pecinan tersebut.

"Semoga pemasangan patung shio Macan dan 1000 lampion bisa menjadi pelipur lara dan penambah semangat kita semua menyambut Tahun Baru Imlek 2567," ucapnya.

"Sampai jumpa tahun depan di Pasar Imlek Semawis 2023," sambungnya.

Untuk diketahui, Pasar Imlek Semawis rencananya akan digelar pada 28-30 Januari 2022. Event ini biasa digelar di kawasan Pecinan, Jalan Gang Pinggir hingga Wotgandul Timur, Kota Semarang dan rutin digelar setiap tahunnya.

Tak hanya aneka kuliner, para pengunjung Pasar Semawis ini juga dihibur dengan pertunjukan Wayang Potehi. Rangkaian acara Pasar Imlek Semawis ini biasa diawali dengan Ketuk Pintu yaitu doa bersama, dan selamatan di Kelenteng Tay Kak Sie. Lalu dilanjutkan dengan doa keliling kelenteng di area Pecinan antara lain Kelenteng Tong Pek Bio, Ling Hok Bio, Tek Hay Bio, Sioe Hok Bio, dan Hoo Ho Bio.



Simak Video "Pemkot Semarang Uji Coba Konser Offline"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)