Vietnam ke Final Piala AFF U-16 Usai Kalahkan Thailand 2-0

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 18:55 WIB
Semifinal Piala AFF U-16 2022 Thailand melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Rabu (10/8/2022). Vietnam melaju ke final setelah menang 2-0.
Semifinal Piala AFF U-16 2022 Thailand melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Rabu (10/8/2022). Vietnam melaju ke final setelah menang 2-0. Foto: Pius Erlangga/detikJateng
Sleman -

Timnas Vietnam U-16 menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak final Piala AFF U-16 2022. Pada laga semifinal melawan Thailand U-16 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Vietnam menang dengan skor 2-0.

Sepasang gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Cong Phoung melalui tendangan jarak jauh menit ke-32 dan sundulan kepala Nguyen Trong Tuan menit ke-81.

The Golden Stars, julukan Vietnam U-16, sebenarnya kalah jumlah pemain setelah Huang Cong Hau mendapatkan kartu merah di menit 85'. Namun, mereka mampu mengunci keunggulan skor hingga peluit panjang pertandingan.


Selain kehilangan Huang Cong Hau, mereka juga kehilangan kiper Pham Dinh Hai yang ditarik keluar pada menit 75' setelah berbenturan dengan pemain Thailand.

"Intensitas pertandingan hari ini sangat tinggi. Itu lah sebabnya kami kehilangan dua pemain dan kami harus siap dengan kondisi itu. Sayangnya dua pemain itu tak bisa tampil di final," kata pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan seusai laga, Rabu (10/8/2022).

Pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Rabu (10/8/2022).Pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Rabu (10/8/2022). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng

Kendati demikian, ia senang dengan hasil ini. Sebab, di fase grup Vietnam harus bergantung dengan tim lain agar bisa sampai semifinal dengan predikat runner up terbaik.

"Saya sangat senang dengan hasil laga, pemain kami tampil bagus dan sekarang kami bersiap untuk laga selanjutnya," ungkapnya.

Di babak final, Nguyen Quoc Tuan masih harus menunggu laga Indonesia vs Myanmar. Ia pun tak ambil pusing soal siapa lawan mereka di final.

"Kami masih belum memikirkan lawan di final, entah itu Indonesia atau Myanmar kami akan melakukan persiapan sama. Dalam segi taktik, mentalitas, fisik, semuanya untuk final. Myanmar dan Indonesia punya peluang yang seimbang untuk lolos ke final," pungkasnya.



Simak Video "Bacok 4 Orang di Sleman, 10 Remaja Pelajar Diamankan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)