Mencicip Puli Kotokan, Makanan Kesukaan Mbah Jenggolo Murid Sunan Kudus

Dian Utoro Aji - detikJateng
Sabtu, 30 Jul 2022 14:28 WIB
Menu makanan puli kotokan yang ada di Taman Menara Kudus, Sabtu (30/7/2022).
Menu makanan puli kotokan yang ada di Taman Menara Kudus, Sabtu (30/7/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng
Kudus -

Pecinta kuliner patut mencoba salah satu menu khas Kudus, Jawa Tengah, ini. Menu makanan konon kesukaan murid Sunan Kudus, Mbah Jenggolo, yang bernama puli kotokan rasanya menggugah selera. Seperti apa?

Untuk menemui kuliner puli kotokan bisa berkunjung ke Taman Menara Kudus di acara kuliner jadul empat negeri dalam rangka Buka Luwur Sunan Kudus yang digelar selama sepekan mulai 30 Juli sampai 7 Agustus 2022.

Puli kotokan menjadi salah satu makanan zaman dahulu. Berisi nasi puli yang telah diiris. Lalu disajikan dengan kuah santan yang berisi tahu dan telur.


Koordinator kuliner jadul, Noor Aziz, mengatakan kuliner puli kotokan merupakan makanan khas Kudus.

"Kuliner yang memang kesukaan Mbah Jenggolo, Mbah Jenggolo sendiri muridnya Mbah Sunan Kudus. Sehingga ada irisan," ujar Aziz ditemui di Taman Menara, Sabtu (30/7/2022).

Kepala Desa Janggalan ini mengatakan puli kotokan memiliki ciri khas. Terutama cara membuat puli nasi, mengirisnya menggunakan benang.

"Yang unik ngirisnya pakai benang, dengan maksud dan tujuan biar irisannya bisa tipis, dan kemudian kalau pulinya tidak bagus diiris tidak bisa. Pada saat diiris pakai benang bisa itu sudah sesuai dengan standar," ucap Aziz.

Menu makanan puli kotokan yang ada di Taman Menara Kudus, Sabtu (30/7/2022).Menu makanan puli kotokan yang ada di Taman Menara Kudus, Sabtu (30/7/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Namun untuk kuah kotokan, kini ada kreasi ditambah tahu dan telur. Aziz menyebutkan menu puli kotokan dijamin sehat.

"Kemudian ada kuah kotokan, nah sekarang mengikuti tren ada tahu, kemudian ada udang dan ada telur. Terus ditambahi ada cabai. Ini menu sehat tapi zaman kuno," jelasnya.

Dia menambahkan acara kuliner jadul bertajuk empat negeri ini merupakan rangkaian acara Buka Luwur Sunan Kudus. Menu yang ditampilkan pun beragam.

"Ada 30 stand menu jadul, ini temu empat negeri, menu Jawa, Cina, Arab, dan Eropa. Ini dari bagian acara Buka Luwur Sunan Kudus," tambah Aziz.

Kesempatan yang sama, penjual puli kotokan, Salma Nafisah (20), mengatakan ada 20 porsi makanan puli kotokan yang disediakan hari ini. Harganya per porsi Rp 12 ribu.

"Rp 12 ribu, isinya pulu, sayuran tahu. Bawa 20 porsi. Sudah laku 9 porsi," jelas Salma ditemui di lokasi siang ini.

Salah satu pembeli, Wulandari (23), mengaku tertarik dengan menu puli kotokan. Kata dia rasanya enak dan segar. Apalagi disajikan memakai daun pisang.

"Lezat pulinya empuk, kuah tahu dan telur tambah segar," kata dia.



Simak Video "Warga Berebut Nasi Berkat Buka Luwur Sunan Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)