Yuk, Malam Mingguan Sambil Berburu Kuliner di Taman Indonesia Kaya Semarang

- detikJateng
Sabtu, 02 Jul 2022 14:26 WIB
Festival kuliner digelar di samping Taman Indonesia Kaya Kota Semarang, Jumat (1/7/2022).
Festival kuliner digelar di samping Taman Indonesia Kaya Kota Semarang, Jumat (1/7/2022). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng)
Semarang -

Festival kuliner digelar di samping Taman Indonesia Kaya Kota Semarang hingga Minggu (3/7) besok. Lokasi ini bisa jadi alternatif kegiatan malam mingguan hari ini sambil berburu kuliner.

Ada sekitar 80 stand yang berdiri di area Semarang Sport and Cullinary Festival 2022 itu. Festival sudah dibuka sejak Jumat (1/7) malam bersamaan dengan ulang tahun Ke-3 PT BPR BKK Jateng selaku penyelenggara dan akan berakhir pada hari Minggu (3/7).

"Ada 80 stand dari Kota Semarang di sini," ujar Direktur Utama PT BPR BKK Jateng, Koesnanto, Jumat (1/7/2022) malam.


Yang tersedia di festival ini cukup beragam dan mayoritas menjual jajanan street food yang sedang booming seperti corndog, baby crab, berbagai olahan gurita, tahu gejrot, bahkan ada yang unik salah satunya yaitu lumpia burger.

Untuk minuman, banyak yang bisa dipilih, mulai dari es teh, boba tea, mango thai, dan masih banyak lagi. Untuk harga baik makanan atau minuman masih cukup terjangkau mulai dari Rp 15 ribuan hingga Rp 35 ribu.

Selain makanan, juga ada stand pecinta flora dan fauna sehingga pengunjung bisa melihat berbagai hewan peliharaan dari yang biasa hingga yang unik seperti macam-macam reptil.

Uniknya di festival ini pengunjung disosialisasikan untuk belanja dengan cashless atau tanpa uang tunai. Pengunjung diarahkan menggunakan aplikasi K-ERIS dan melakukan top-up. Pembayarannya cukup scan kode Q-Ris di masing-masing lapak.

"Pilihannya banyak kulinernya, enak-enak. Tadi pakai aplikasi baru bayarnya, ada yang bantu mengarahkan di depan, gampang kok," ujar Riska, pengunjung dari Batang yang kebetulan melintas dan memutuskan mampir ke festival itu, Jumat (2/7/2022) malam.

Sementara itu, Koesnanto mengatakan Festival Transformasi Digital untuk Ekonomi Jawa Tengah itu juga merupakan upaya sosialisasi pembayaran cashless. Ia juga menjelaskan K-ERIS melayani lebih dari seribu jenis pembayaran tagihan.

"Mulai dari pembayaran retribusi daerah, parkir menggunakan QRIS, pembayaran pajak, tiket olahraga dan wisata, hingga pembayaran transaksi belanja di seluruh gerai atau merchant yang menerima pembayaran QRIS," jelas Koesnanto.



Simak Video "Duka Tragedi Kanjuruhan, Suporter PSIS Semarang Gelar Doa Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/aku)